Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocah 11 Tahun Pecahkan Rekor Dunia Lari 5 Km

Bocah berusia 11 tahun asal Kanada itu berhasil memecahkan rekor dunia dalam lomba lari 5 kilometer di ajang Niagara Falls International Marathon.

Pelari muda ini berlari dengan waktu 17:28.10 dan memecahkan rekor dunia untuk kelompok usianya.

Ia juga menempati posisi pertama secara keseluruhan, dan meraih kemenangan yang sekaligus menjadi rekor dunia yang baru.

Catatan waktu tersebut lebih cepat hampir 30 detik dari catatan waktu terbaiknya sebelumnya.

Waktunya juga lebih cepat 80 detik dari Mike Gigliotti, yang memenangi perlombaan untuk pria dengan waktu 18:49 dan berada di urutan kedua secara keseluruhan.

Nicholson dengan tipis melampaui rekor pelari muda, Grace Ping, yang mencatat waktu 17:28.30 di tahun 2015.

Ping juga diketahui pernah berlari dalam waktu 16:44 dengan jarak 5 kilometer di lintasan lari saat berusia 12 tahun dan sekarang berlari untuk Oklahoma State University.

Nicholson mengungkapkan, meskipun ia merasa lelah pada hari lomba, ia merasa kuat selama lomba, dan senang karena kondisi cuaca saat lomba sesuai dengan keinginannya.

"Cukup berangin dalam perjalanan pulang, dan ada sedikit hujan di dekat air terjun, tapi secara keseluruhan cukup bagus," ungkap dia.

Nicholson mengaitkan pemikiran positifnya dengan kesuksesannya secara keseluruhan selama lomba.

"Saya hanya melakukan yang terbaik. Fokuslah pada diri sendiri dan jangan khawatir tentang apa yang dilakukan orang lain," kata Nicholson.

"Selalu percaya pada diri sendiri dan percaya bahwa kita bisa melakukan apa saja. Tidak ada yang tidak mungkin," tambah dia.

Tidak dapat dipungkiri, rekor dunianya telah ada dalam pikirannya sejak lama.

Pada bulan September 2022, Nicholson mengikuti lomba lari pertamanya di Toronto's Oasis Zoo Run, dengan catatan waktu yang mengesankan yaitu 19:25, dan menempati posisi pertama untuk wanita.

Pada bulan Oktober ini, ia telah tiga kali berada di bawah batas waktu sub-18, dengan catatan waktu 17:56 di Toronto Women's 5K dan 17:59 di Toronto Waterfront 5K.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/28/090000920/bocah-11-tahun-pecahkan-rekor-dunia-lari-5-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke