Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Jenis Sepatu yang Wajib Dimiliki Laki-laki, Apa Saja?

KOMPAS.com - Ada beberapa jenis sepatu yang wajib dimiliki laki-laki guna dipakai pada berbagai kesempatan. Sepatu tersebut dapat disesuaikan dengan beragam outfit. 

Selain memberi kenyamanan, memakai sepatu yang sesuai dengan outfit bisa meningkatkan penampilan kamu. Misalnya, sepatu yang dipakai saat olahraga, tentunya akan berbeda dengan sepatu untuk mendatangi acara formal. 

Sepatu yang wajib dimiliki laki-laki 

Berikut sejumlah sepatu yang wajib ada di lemari kamu, seperti dilansir Kompas.com dari Men’s Journal dan The Manual 

Setiap laki-laki wajib memiliki sepatu resmi untuk mendatangi acara-acara formal. Salah satu pilihan sepatu resmi yang bisa kamu pakai adalah sepatu oxford. 

“Sama seperti setiap laki-laki membutuhkan setelan jas di lemarinya, dia juga membutuhkan sepatu oxford yang kokoh untuk melengkapinya,” kata Fashion Stylist yang berbasis di New York, Seppe Tirabassi dalam Men’s Journal.  

Sepatu oxford dapat dikenakan untuk berbagai acara formal, seperti kerja, wawancara kerja, makan malam, lamaran, pernikahan, maupun acara resmi lainnya. Seppe menyarankan untuk berinvestasi pada sepatu oxford berkualitas yang nyaman, karena bisa meningkatkan penampilan kamu. 

Sepatu penny loafers bisa menjadi alternatif sepatu resmi buat laki-laki yang enggan mengikat tali sepatu. Menariknya, jenis sepatu ini bisa dipakai untuk acara formal, semi formal, maupun kasual. 

“Ini sepatu yang wajib dimiliki oleh laki-laki, karena dapat berfungsi ganda sebagai sepatu resmi dan kasual,” kata Tirabassi dalam Men’s Journal. 

Serupa dengan oxford, sepatu penny loafers punya desain yang simpel namun tetap elegan. Sepatu ini biasanya terbuat dari kulit asli, kulit sintetis, atau suede. 

Sepatu chukka boots mulanya dipakai oleh Angkatan Darat Inggris saat berada di padang pasir, karena sepatu ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bergerak. Ciri khas sepatu boots ini adalah tingginya mencapai pergelangan kaki, serta desain klasik yang simpel dan elegan. 

Sepatu chukka boots adalah titik tengah antara sepatu formal dan kasual. Sepatu ini, cocok dipakai bersama celana denim atau celana chino, serta cocok untuk jenis atasan apa pun baik kemeja, kaos, maupun sweater. 

Jenis sepatu boots lain yang wajib ada di lemari laki-laki adalah chelsea boots. Sepatu jenis ini, biasanya terbuat dari kulit, suede, atau kanvas, serta hadir dalam berbagai warna.

Sepatu chelsea boots mulanya dipakai oleh para bangsawan sejak era Victoria, namun berkembang pesat pada era 60an dan 70an. Sepatu ini cocok untuk dipadukan dengan pakaian kasual untuk memberikan tampilan streetwear yang keren. 

““Bagian samping chelsea boots elastis, bukan tali, jadi mudah dikenakan dan sangat nyaman,” ujar Tirabassi dalam Men’s Journal. 

Setiap laki-laki hendaknya memiliki minimal satu pasang sepatu olahraga di lemarinya. Pastikan kamu memilih sepatu olahraga dengan kualitas terbaik sehingga nyaman dipakai serta tidak membuat kaki sakit. 

Jangan ragu untuk berinvestasi pada sepatu olahraga yang mahal, karena lebih awet. 

Bahkan, sepatu olahraga juga terbagi berdasarkan jenis aktivitasnya, seperti sepatu lari, sepatu basket, sepatu sepak bola, dan sebagainya. Jadi, sesuaikan pilihan sepatu olahraga dengan aktivitas yang kamu tekuni.  

Sepatu sneakers wajib ada di lemari kamu karena cocok dipakai untuk acara semi formal hingga kasual. Selain itu, sneakers mudah dipadupadankan dengan beragam outfit, seperti celana denim dan celana chino. 

Jika bingung memilih warna sepatu, maka sneakers putih tidak pernah gagal dalam mendukung penampilanmu. Sebab, sneakers putih merupakan sepatu timeless yang tidak pernah ketinggalan tren. 

“Kamu bisa memakainya dengan apa saja, mulai dari celana pendek hingga jeans,” kata Tirabassi dalam Men’s Journal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/21/162600820/6-jenis-sepatu-yang-wajib-dimiliki-laki-laki-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke