Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tips Tampil Lebih Menarik Bagi Pria

KOMPAS.com - Mempelajari cara tampil menarik ternyata lebih mudah dan lebih sederhana dari yang kamu kira. Kita tidak perlu menjadi repot dengan mengeluarkan biaya mahal aau rutinitas berjam-jam, namun cukup memperhatikan hal-hal mendasar yang memiliki pengaruh besar. 

Pertanyaannya, apa aturan dasar yang harus diketahui setiap pria ketika membangun citra gaya pribadinya? Berikut adalah 9 tips untuk meningkatkan gaya tanpa harus repot.

Ini hal yang sangat mendasar yang sebenarnya tiak perlu dipelajari. Namun beberapa orang menganggap kebersihan bukanlah prioritas. Padahal cara tampil lebih menarik sebagai pria bergantung pada rutinitas kebersihan yang paling dasar.

Mandi setiap hari adalah salah satu cara paling sederhana bagi pria untuk meningkatkan daya tariknya secara instan. Mandi akan membuat kulit lebih bersih, tubuh lebih harum, dan meningkatkan mood sepanjang hari. Setia orang pasti akan merasa lebih nyaman berada di samping pria yang bersih daripada yang dekil.

Selain itu proses mandi dan kesegaran yang dihasilkannya mendorong pemikiran mental positif dan kreativitas. Banyak dari kita yang tenggelam dalam pikiran, lamunan dan angan ketika mandi, memikirkan kejadian hari itu atau merencanakan bagaimana menjadi orang yang lebih baik da sukses.

Singkatnya, mandi 5 menit saja di pagi hari berpotensi membuat kita bersih dan fokus baik tubuh maupun pikiran.

Alasannya sederhana; produk rambut yang berbeda dirancang untuk mendapatkan penampilan berbeda. Membuat pilihan yang salah dapat menimbulkan konsekuensi buruk bagi gaya pribadimu selain bikin frustrasi.

Bagi yang belum mengetahuinya, berikut rincian singkat berbagai produk rambut yang perlu kamu pahami:

Gel rambut

Produk dengan daya tahan medium yang cocok untuk sebagian besar jenis rambut. Gel Rambut dirancang untuk menciptakan hasil akhir yang berkilau tinggi. Oleh karena itu, mereka yang ingin menata rambut mereka dengan 'tampilan basah' sebaiknya mempertimbangkan untuk berinvestasi pada produk ini.

Krim Rambut

Krim memberikan daya rekat yang lebih ringan dibandingkan kebanyakan produk rambut. Ini membuatnya sempurna untuk jenis rambut halus/sedang.

Mereka yang memiliki rambut tipis yang ingin menciptakan tampilan bervolume sebaiknya mempertimbangkan produk ini untuk gaya rambunya. Rambut yang lebih tipis tidak memerlukan produk yang memiliki banyak daya rekat.

Pomade

Sebaliknya, pomade lebih cocok untuk jenis rambut tebal. Produk ini memberikan daya rekat sedang dan tidak akan membuat rambut terasa basah.

Clay

Clay rambut dirancang untuk rambut dengan ketebalan sedang dan akan memberikan daya rekat maksimal pada semua produk rambut yang saya sebutkan di sini. Clay sangat bagus untuk menciptakan tampilan bertekstur dengan hasil akhir matte.

Di pagi hari, tubuh kita bangun dan mulai bekerja. Kita semua pertama-tama bercermin dan melihat dua hal yang mengkhawatirkan:

  • Mata bengkak
  • Kulit yang kusam dan berkerut

Berlari di pagi hari sebenarnya merupakan cara yang bagus untuk mengatasi masalah ini.

Pacu jantungmu dan lakukan sedikit olahraga. Bahkan hanya dalam jumlah kecil saja sudah cukup – tujuan kita bukanlah membakar 1000 kalori; namun hanya untuk membuat darah terpompa dan tubuh bergerak.

Lakukan ini, dan kamu akan melihat pengurangan instan pada kulit bengkak dan mengantuk karena lebih banyak darah akan mengalir ke seluruh area tubuh untk mengaktifkannya.

Kunci untuk mendapatkan aroma yang tepat adalah memastikan kamu mengetahui dasar-dasar penggunaan wewangian. Cobalah mempertimbangkan hal berikut:

  • Proyeksi – Artinya seberapa jauh aroma menyebar melalui udara di sekitar pemakainya.
  • Sillage – Menjelaskan lamanya suatu aroma bertahan di udara di sekitar pemakainya.
  • Umur – Ukuran lama ketahanan aroma suatu wewangian saat berada di kulit pemakainya.

Biasanya wewangian yang baik akan memiliki proyeksi dan sillage yang tinggi serta akan bertahan lama di kulit. 

Selain itu, yang lebih penting adalah aroma yang kamu pilih. Tidak ada yang salah dalam hal ini karena setiap orang memiliki selera masing-masing.

Namun umumnya di cuca panas, orang lebih suka mencium aroma yang segar seperti wangi citrus, bunga, dan aroma air atau laut yang memberikan kesan ceria dan semangat. Sedangan untuk cuaca dingin atau malam hari, orang lebih memilih wangi yang hangat seperti aroma kayu-kayuan, rempah, atau yang lebih berat.

Intinya, pilihlah wewangian yang sesuai dengan kepribadianmu, yang kamu sukai, dan sebisa mungkin tidak terlalu menyengat sampai mengganggu orang lain.

Sayangnya, semua orang yang melihat postur tubuhmu akan menilai apakah kamu cukup menarik atau tidak. Postur tubuh yang buruk dapat membuatmu terlihat lesu, sakit, kurang bersemangat, atau ketus, tertutup, dan tidak mudah didekati.

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki postur tubuh yang buruk atau tidak, lihatlah ke cermin:

  • Apakah telingamu sejajar dengan bagian tengah bahu?
  • Apakah punggung dan dada tegap dan lurus?
  • Apakah lutut, pinggul, dan bahu sejajar satu sama lain?
  • Apakah bahu naik?
  • Apakah tanganmu terbuka?
  • Apakah tatapanmu ke depan dan tidak menunduk?

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah 'Tidak!', kemungkinan besar kamu memiliki postur tubuh yang buruk.

Postur tubuh yang baik tidak akan muncul dalam semalam, tapi latihan membuat sempurna, jadi teruslah berupaya memasang postur yang baik agar menjadi kebiasaan.

Yang dimaksud kebersihan mulut mencakup bibir, lidah, gusi, dan gigi. Semuanya harus selalu bersih karena jika kotor, senyumanmu pun tidak akan membantu.

Hal ini lagi-;agi bisa didapatkan dengan muah dan sederhana: Apa yang ibumu ajarkan padamu saat kamu masih kecil? Sikat gigi selama dua menit dua kali sehari – sekali setelah sarapan dan sekali sebelum tidur.

Jangan lupa membersihkan lidah juga. Menyikat lidah sebagai bagian dari rutinitas kebersihan mulut terbukti dapat menghilangkan banyak bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Memiliki tangan yang terawat adalah cara yang pasti untuk menunjukkan bahwa kamu tahu cara tampil lebih menarik.

Bayangkan jika tanganmu kotor dan tidak terawat. Adakah wanita yang membiarkan dirinya kamu pegang? Jawabannya adalah 'tidak' – jelas dan sederhana.

Jadi menjaga kulit dan kuku tangan harus menjadi bagian penting dari penampilan. Itu berarti secara teratur memeriksa tangan apakah ada kulit kering, kotoran, dan kuku yang terlalu panjang. 

Pastikan menggunakan pelembap setiap hari, bersihkan tangan saat tangan menjadi kotor, dan potong kuku hingga batas yang wajar setiap minggunya.

Kesesuaian busana mudah untuk dinilai secara visual. Orang dengan mudah bisa menilai apakah bajunya kedodoran atau terlalu sempit. Jika kamu tidak memiliki badan seperti model, percayalah, tampil dengan busana pas akan selalu lebih menarik.

Lupakan gaya kedodoran ala hip hop yang celananya melorot, atau baju supersize yang membuatmu tampak seperti masuk kurungan.

Itu sebabnya sangat penting untuk memakai alas kaki yang bersih. Jika itu sneaker, bersihkanlah, jika sepatu kulit, semirlah.

Hindari juga sepatu yang bau karena pasti akan membuat orang enggan mendekat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/27/165959620/9-tips-tampil-lebih-menarik-bagi-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke