Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-Hati Dibius dalam Perjalanan

Kompas.com - 04/10/2008, 12:51 WIB

BOGOR,SABTU - Modus kejahatan makin menggila. Penjahat punya seribu modus untuk kemudian menjarah harta benda Anda selama arus mudik dan balik liburan Lebaran. Salah satunya dengan membius korban sebelum mengambil barang-barang miliknya.

Pos Pengamanan Lebaran V di Simpang Ciawi mencatat dua kasus pembiusan terjadi di simpang Ciawi dan sekitarnya selama arus mudik dan arus balik Lebaran berlangsung hingga hari ini, Sabtu (4/10). Kedua korban kehilangan harta benda yang dibawanya setelah kehilangan kesadaran karena dibius.

Kasus pertama terjadi pada korban bernama Rahmat (21) pada hari Sabtu (29/8). Rahmat dibius di dalam bus jurusan Kampung Rambutan. Begitu diketahui tidak sadarkan diri, Rahmat yang warga Cianjur ini segera diturunkan di Ciawi sekitar pukul 12.00 dan dirujuk langsung ke RSUD Ciawi.

Menurut data tercatat, Rahmat ditawari air minum oleh seorang pria tak dikenal. Setelah itu, dirinya tak sadarkan diri.

Kasus kedua tidak jelas kapan terjadinya karena seorang pria yang mengaku telah kehilangan harta bendanya ditemukan di toilet belakang Pos Pengamanan Lebaran Simpang Ciawi tadi malam, Jumat (3/10). Beberapa polisi mengakui telah melihat pria tersebut di toilet sehari sebelumnya namun polisi menyangka si bapak yang disinyalir berumur 45 tahun ini hanya kecapekan.

"Ternyata ketika ditemukan tadi malam sudah lemas, suhu tubuhnya dingin, detak jantungnya lemah dan matanya balik ke atas," ujar salah satu petugas piket PMI Sukarna Retha di Bogor, Sabtu (4/10).

Menurut Retha, gejala-gejala ini menunjukkan overdosis atau keracunan. Sebelum dirujuk ke RSUD Ciawi, bapak ini diperiksa dan ternyata petugas tak memiliki identitas apapun, sementara dirinya sudah sulit untuk dimintai keterangan.

Retha menganjurkan agar para pemudik yang akan balik ke daerah asalnya berhati-hati dalam perjalanan. "Jangan mudah menerima makanan atau minuman dari orang yang nggak dikenal," ujar Retha.

Usahakan untuk tidak melakukan perjalanan sendirian. Atau jikapun harus sendirian, berusahalah untuk tetap waspada dalam segala situasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com