Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calhaj Diminta Siapkan Kesehatan Mandiri

Kompas.com - 18/10/2008, 13:12 WIB

YOGYAKARTA, SABTU- Risiko meninggal di tanah suci bisa diantisipasi jika jemaah haji menyiapkan kesehatan dan obat-obatan secara mandiri. Dengan kondisi yang penuh sesak orang dan fluktuasi suhu yang tajam, persiapan diri secara mandiri akan sangat membantu.

Menurut Gideon Hartono, dokter yang juga pemilik laboratorium klinik Hi-LAB dan Apotek K-24, ketika berada di tanah suci dan cukup jauh dari posko kesehatan, jamaah haji bisa kesulitan ketika tiba-tiba sakit.

"Sejauh yang saya tahu, petugas kesehatan hanya memberi arahan agar jamaah haji membawa obat-obatan sesuai keperluannya. Sementara petugas juga membawa peralatannya sendiri," ujarnya, Sabtu (18/10).

Hal itu memang tidak salah. Namun dari sisi jamaah haji, mereka bingung hendak membawa obat apa. Mereka juga kurang paham apa saja penyakit yang akan dihadapi, atau harus berkonsultasi ke dokter apa. Juga apa vaksin yang penting untuk didapat.

Beranjak dari hal itu, Hi-LAB and K-24 meluncurkan program Haji Sehat Mandiri serta Paket Obat Haji Mandiri, berupa medical chek up maupun vaksinasi tambahan, serta paket obat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com