Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memasak dengan "Microwave"

Kompas.com - 20/10/2008, 15:04 WIB

PRODUSEN microwave biasanya telah melampirkan cara penggunaan microwave yang aman. Sejalan dengan panduan itu, selalu tanamkan dalam benak Anda hal-hal praktis berikut ini:

  • Selalu gunakan material nonlogam ketika memasak. Logam dapat menimbulkan percikan api dan menyebabkan kebakaran.
  • Potonglah daging dan sayuran dengan ukuran seragam dan sesuai ukuran wadah yang digunakan. Ini untuk memastikan bahwa setiap potongan dapat termasak dengan sempurna secara bersamaan. Buang tulang besar dari daging karena dapat membuat masakan matang tak sempurna.
  • Gunakan wadah kaca atau plastik ketika memasak dengan microwave. Jika terdapat unsur logam di kedua wadah, walau sekecil apa pun, lepaskan dulu logam tersebut sebelum memasak.
  • Untuk memastikan masakan matang sempurna, nyalakan fitur pemutar wadah dan masakan secara otomatis. Pastikan wadah dapat berputar sempurna tanpa menyentuh dinding microwave. Jika tak ada, lakukan secara manual. Selain itu, aduk masakan secara berkala.
  • Untuk menghasilkan makanan yang lezat, ikuti panduan memasak yang tertulis dalam buku panduan. Misalnya, untuk menghasilan keripik kentang yang renyah, bungkus keripik kentang menggunakan kertas tisu selama memasak. Jika memasak kentang, belahkan kentang terlebih dahulu agar cepat matang.

Penulis: Tatang
Foto: LG Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com