Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu agar Sukses Interview

Kompas.com - 17/02/2009, 14:31 WIB

Setelah melakukan networking, mengirimkan resume, dan menunggu dengan sabar panggilan wawancara kerja, akhiri usaha Anda dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Untuk mengetahui kesiapan Anda dalam menangkap peluang kerja, ikuti kuis berikut ini.

1. Saya akan terlihat desperate bila terlalu heboh melakukan persiapan. (Benar/Salah?)

Salah. Tak ada yang lebih buruk dari orang yang diwawancara tanpa persiapan apa pun. Fakta juga menunjukkan lebih banyak orang yang berhasil berkat persiapan yang mereka lakukan.

Pelajari informasi mengenai perusahaan yang akan dimasuki serta keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk posisi yang diincar. Hal ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan seperti, "mengapa Anda ingin bekerja di sini?". Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan saat tiba giliran Anda bertanya.

2. Tempatkan diri Anda seolah Anda adalah pewawancara agar bisa melihat dari sudut pandangnya.

Benar. Biasanya, pewawancara punya jadwal yang ketat. Anda mungkin saja adalah orang ke-10 yang ditanyainya selama tiga jam terakhir. Karena itu, berikan jawaban yang ringkas, tepat, dan tidak bertele-tele.

3. Berlatih menjawab pertanyaan tipikal.

Benar. Melatih jawaban-jawaban yang akan Anda berikan dalam menjawab pertanyaan 'standar' interview adalah hal yang penting. Minta teman mengevaluasi cara Anda menjawab pertanyaan.

4. Harus menjawab jujur.

Benar/Salah. Anda memang tak disarankan untuk berbohong hanya untuk memesona si pewawancara. Tapi, sebaiknya Anda juga tidak membuka semua kelemahan yang dimiliki. Bila ada "dosa" di kantor lama, tunjukkan pula bahwa Anda telah mengambil pelajaran dan siap membuka lembaran baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com