Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Seleksi Olimpiade Sains Nasional Pakai "Multiple Choice"?

Kompas.com - 03/11/2009, 13:48 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN PTI)-Pertamina dilaksanakan dalam dua tahap putaran seleksi. Putaran I (Seleksi Daerah/Provinsi selesai digelar pada Selasa (3/11) siang ini. 

Seleksi digelar dalam bentuk tes tertulis dengan model multiple choice atau pilihan ganda. Sementara itu, Putaran II (seleksi Pusat) akan dilaksanakan pada 5-9 Desember 2009 mendatang dalam tiga tahap di Jakarta, yaitu Quarter Final, Semi Final, dan Grand Final.

"Untuk tahap pertama memang hanya menggunakan tes tertulis dengan pilihan ganda, ini dilakukan untuk menghindari perbedaan grade antara peserta di Pulau Jawa dan dari daerah lain di luarnya," ujar salah seorang dewan juri, Dr rer nat Abdul Harris dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Indonesia di sela berlangsungnya Seleksi Putaran I di Balairung UI, Depok, Selasa (3/11).

Komposisi soal pun, lanjut Harris, dibuat dengan tingkat kesulitan bervariasi. Harris menuturkan, dari 50 soal yang diberikan itu tingkat kesulitannya dibentuk dengan formasi 221 atau mudah, sedang, dan sulit.

Open Minded

Hasil seleksi putaran I OSN PTI-Pertamina 2009 ini akan menentukan 33 peserta untuk setiap bidang atau 99 peserta dari ketiga bidang (Matematika, Fisika, dan Kimia). Penetapan 33 peserta tersebut didasarkan pada 22 rangking terbaik dan 11 kuota perwakilan wilayah (provinsi) daerah.

"Tetapi seleksi daerah atau Putaran I ini tetap akan ada pemenang dan hadiahnya, yaitu untuk juara satu, dua dan tiga," ujar Harris. Untuk juara I, lanjut Harris, akan memeroleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp 7.500.000, juara II sebesar Rp 5.000.000, dan juara III 2.500.000.

Sementara itu, untuk Seleksi Pusat (Putaran II) tahap pertama (quarter final) dilaksanakan pada 5 Desember 2009 dengan bentuk tes tertulis model esai. Tahap I ini akan menentukan 9 peserta terbaik pada setiap bidang yang akan mengikuti seleksi Tahap II.

Pada etape selanjutnya atau Tahap II (semi final) yang digelar pada 7 Desember, peserta akan menghadapi tes presentasi interaktif antara peserta dan dewan juri. Harris mengatakan, model soal yang diberikan benar-benar open minded dan akan tetap berlaku sebagai moda tes di tahap akhir atau Tahap III (grand final) yang dilaksanakan pada 8 Desember 2009. 

"Kita ingin kompetisi ini benar-benar adil hingga mendapatkan pemenang terbaik satu, dua, dan tiga," ujar Harris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com