Supaya Tak Lagi Mengantuk di Siang Hari

Kompas.com - 02/03/2010, 21:33 WIB
EditorNF

KOMPAS.com - Hampir semua orang pernah merasa mengantuk di siang hari. Namun, bagi sebagian orang, rasa kantuk berlebihan bisa mengganggu pekerjaan, aktivitas, bahkan liburan. Kelebihan rasa kantuk di siang hari bisa juga disebut dengan hypersomnia, keadaan rasa kantuk datang berulang, yang membuat seseorang ingin tidur siang berkali-kali.

Tak mengherankan, masalah semacam ini biasanya dimulai di malam hari. Bahkan hanya dengan melewatkan beberapa waktu tidur di malam hari, atau waktu tidur sering terganggu saja sudah bisa menyebabkan kelelahan dan menurunkan mood. Kebiasaan tidur yang tidak baik bisa menajdi penyebab kantuk di siang hari. Sebelum ini menjadi masalah yang lebih parah, cobalah untuk melakukan 12 langkah berikut untuk memperbaiki waktu tidur di malam hari Anda.

1. Cukupi Waktu Tidur di Malam Hari
Poin yang satu ini sudah sangat jelas, tapi untuk kebanyakan kita secara tak sadar seringkali memotong sejam-dua jam waktu tidur di malam hari atau pagi hari untuk melakukan hal lain. Kebanyakan orang dewasa butuh 7-9 jam tidur di malam hari, sementara remaja butuh 9 jam tidur. Pastikan Anda mematok waktu tidur 8-9 jam setiap malamnya.

2. Bersihkan Tempat Tidur dari Segala Gangguan
Khususkan tempat tidur Anda hanya untuk tidur dan bercinta. Hindari keinginan untuk menonton televisi sambil berbaring di tempat tidur, atau bermain video games, atau menggunakan laptop di atas tempat tidur. Jangan pula tergoda untuk melakukan perhitungan tagihan di atas tempat tidur, atau melakukan diskusi di atas tempat tidur. Hal ini akan membuat Anda sulit untuk tertidur.

3. Konsisten dengan Waktu Bangun Tidur
Mereka yang memiliki masalah dengan rasa kantuk di siang hari seringkali disarankan untuk beranjak tidur dan terbangun di waktu yang sama setiap harinya, termasuk di akhir minggu. Namun, ketika Anda menderita insomnia, dan mengalami kesulitan untuk tidur, Anda akan merasa frustasi jika mematok jam tidur dan jam bangun yang sama setiap hari. Jika Anda memang memiliki masalah insomnia, disarankan untuk memulai mematok waktu bangunnya saja. Lakukan hal tersebut selama beberapa minggu, atau bulan untuk membangun ritme. Dengan bangun di jam yang sama setiap hari akan membantu membangun ritme sirkadia. Jika Anda melakukan hal ini, dan merasa sulit tidur di malam hari, Anda akan merasa lebih mengantuk di waktu tidur hari berikutnya.

4. Majukan Waktu Tidur Secara Perlahan
Langkah lain untuk lebih konsisten dengan jadwal tidur adalah dengan mencoba memajukan waktu tidur sebanyak 15 menit setiap harinya untuk 4 malam berturut-turut. Lalu pertahankan waktu yang terakhir. Memajukan waktu tidur secara perlahan memiliki kemungkinan untuk berhasil ketimbang memajukan waktu tidur satu jam lebih awal secara mendadak.

5. Waktu Makan yang Konsisten dan Sehat
Tak hanya waktu tidur, tapi waktu makan yang rutin pun akan membantu mengatur ritme sirkadia. Mengkonsumsi sarapan dan makan siang yang sehat dan tepat waktu, akan mencegah kekurangan tenaga di siang hari. Pastikan waktu makan di malam hari terjeda setidaknya 2-3 jam sebelum waktu tidur.

6. Olahraga
Olahraga, khususnya aerobik (olahraga yang gerakannya berulang) biasanya bisa membantu tubuh lebih tenang dan mudah jatuh tertidur di malam hari. Olahraga memberikan energi dan membantu Anda berpikir lebih tajam. Namun hindari berolahraga 3 jam sebelum waktu tidur.

7. Perbaiki Jadwal
Jika Anda berpikir bahwa tak mungkin untuk bisa tidur 8 jam di malam hari, maka Anda perlu menyusun ulang jadwal harian Anda. Pindahkan beberapa aktivitas di malam hari ke waktu lain. Coba kurangi pekerjaan yang tak terlalu penting. Mendapatkan tidur yang cukup di malam hari membantu Anda berproduksi lebih baik di sisa hari Anda.

8. Waktu Tidur Siang
Tidur siang terlalu sore bisa mengganggu ritme tidur Anda di malam hari. Hindari tertidur di sore hari.

9. Ciptakan Ritual Tidur yang Menenangkan
Kegiatan ritual rileksasi sebelum tidur bisa membedakan waktu tidur dari aktivitas sehari-hari, khususnya yang membuat stres. Coba lakukan meditasi, berendam di air hangat, mendengarkan musik tenang, atau membaca buku. Atau mungkin meminum secangkir teh herbal hangat.

10. Temui Ahli Tidur
Rasa kantuk berlebihan di siang hari bisa menyebabkan gangguan tidur. Jika Anda selalu merasa kelelahan di siang hari, meski Anda bisa tidur nyenyak di malam hari, Anda mungkin memiliki gangguan tidur. Sebaiknya temui ahli tidur, atau dokter untuk mencari tahu masalah utamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.