Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyiapkan Pancake nan Lezat

Kompas.com - 09/03/2010, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Bosan dengan menu sarapan roti bakar dan nasi goreng? Sebagai alternatif, menu pancake bisa jadi menu menyenangkan untuk dicoba. Supaya pancake Anda tidak gagal, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini agar tekstur dan kematangannya sempurna.

1. Campurkan tepung terigu, soda kue (baking powder), garam, dan gula. Aduk merata bahan-bahan tersebut di dalam mangkuk. Untuk ukuran takaran yang digunakan, sesuaikan dengan resep yang Anda miliki.

2. Dalam mangkuk berbeda, campurkan susu, telur, dan minyak sayur atau margarin yang sudah dilelehkan. Aduk merata hingga telur tercampur sempurna dengan susu, garam, dan gula.

3. Satukan campuran tepung dan campuran susu. Gunakan mixer (jangan gunakan spatula) untuk mencampur adonan, hingga tepung tidak lagi terlihat.

4. Panaskan wajan dan gunakan api dengan ukuran sedang. Gunakan wajan antilengket yang datar dan bulat. Setelah wajan hangat, oleskan margarin dengan kuas kue. Sapukan hingga merata.

5. Tuang 1/3 atau 1/2 cangkir adonan pancake di dalam wajan (gunakan gelas ukur agar besar pancake rata).
 
6. Saat bagian tengah dari pancake meletup-letup, tandanya adonan Anda sudah cukup matang untuk dibalik. Gunakan spatula datar, balik pancake. Gunakan kompor dengan suhu 93 derajat hingga 120 derajat celcius.

7. Olesi permukaan pancake yang masih panas dengan margarin. Tambahkan saus atau selai strawberry, coklat ataupun buah-buahan segar di atas pancake Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com