Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memaksimalkan Ruang Dapur yang Sempit

Kompas.com - 01/05/2010, 22:57 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, lahan rumah di daerah perkotaan makin penuh dan makin sempit. Memaksimalkan ruangan yang ada adalah hal yang sangat bijaksana. Salah satu trik yang banyak digunakan untuk membuat semua ruangan berfungsi sebagai lokasi yang nyaman berkumpul adalah dengan membuat dapur menjadi ruangan yang fungsional, gaya, tapi tetap nyaman. Agar dapur mini Anda bisa berdaya guna maksimal.

"Saat ini trennya adalah menggunakan dapur sebagai lokasi untuk entertain teman-teman atau kerabat dekat. Dapur seringkali disatukan dengan ruangan lain, agar komunikasi bisa terbuka. Atau dijadikan tempat si anak untuk mengerjakan PR-nya," terang Siulina Mega, arsitek dan desainer interior, saat peluncuran kompor built-in hob terbaru Modena, beberapa waktu lalu. Untuk membuat kesan ruangan dapur lebih lega, coba lakukan tips berikut:

1. Pilih perangkat dapur yang berukuran kecil atau sedang. Manufaktur perangkat dapur biasanya menawarkan pilihan ukuran yang cukup beragam untuk lemari pendingin, oven, kompor, dan lainnya. Pilihlah perangkat dapur yang berukuran kecil atau sedang. Ruangan Anda akan terlihat lebih lega.

Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengisi dapur dengan perangkat yang built-in, dalam arti terintegrasi pada dapur itu sendiri. Hal ini akan memberikan kesan dapur yang lebih gaya, lapang, dan nyaman. Contohnya, dengan menggunakan kompor built-in hob yang terintegrasi dengan lemari bawah dapur. Kompor built-in hob masa kini sudah dirancang dengan cantik untuk memberikan kesan yang menarik. Contoh, kompor built-in hob Alluminio dan Tecnica dari Modena yang dilansir beberapa waktu lalu. Kompor gas built-in hob terkini pun dibuat lebih aman ketimbang kompor konvensional. "Kompor Alluminio dan Tecnica memiliki pengaman gas. Ketika tiba-tiba api padam di bagian burner, dan tak terjadi pembakaran, klep gas langsung tertutup. Sehingga memaksimalkan penggunaan gas, juga lebih aman dari kebocoran gas. Ditambah lagi, lebih ringkas, karena tak perlu pemantik api," terang Lanny Kurniawan, Customer Management Division Head Modena.

2. Harmoniskan warna, dari cat tembok hingga perangkat dapur. Pilih warna krem untuk lemari dapur supaya membuat kesan ruangan lebih lega. Jika Anda ingin menambah warna pada ruangan tersebut, coba pilih warna hijau terang, biru, atau kekuningan. Warna-warna terang akan merefleksikan cahaya, sehingga menciptakan kesan lebih lapang.

3. Pilihlah lemari penyimpanan piring yang terbuat dari kaca pada bagian depannya untuk sekalian memamerkan koleksi piring Anda. Upayakan bagian lemari yang terbuat dari kaca hanya di bagian atasnya, biarkan bagian bawah tetap solid untuk memusatkan pandangan mata tetap pada bagian atas.

4. Menggantung perangkat memasak bisa membuat bagian laci dan lemari lebih lega. Gantung panci dan wajan di bagian atas yang mudah terjangkau untuk memudahkan acara memasak, sekaligus menyisakan ruang lapang di laci atau lemari dapur untuk barang lain.

5. Jika memungkinkan, Anda bisa menanamkan lampu di bagian lantai atau parket kayu untuk menciptakan kesan terang di bagian bawah dan mencerahkan daerah yang biasanya gelap.

6. Lantai yang berpola bisa menambah kesan lapang. Coba pilih keramik dengan pola wajik yang terdiri dari dua warna. Pola ini akan menciptakan ilusi bahwa lantai lebih lebar dari apa yang ada.

7. Salah satu trik yang bisa Anda perhitungkan adalah pemilihan bak cuci piring yang berukuran kecil atau sedang. Lalu, cari papan alas potong yang ukuran panjangnya lebih besar dari lebar bak cuci piring, sehingga bisa disangkutkan, ini artinya Anda memanfaatkan ruang lapang. Setelah tidak digunakan, Anda bisa menyimpan papan alas potongnya kembali.

8. Belilah alat-alat bantu memasak yang ukurannya lebih tepat guna. Misal, toaster roti apakah Anda butuh yang slot-nya untuk 4 roti atau cukup yang slot-nya 2 roti saja sudah cukup? Apakah Anda benar-benar butuh food processor atau mesin cappuccino? Apakah barang-barang semacam ini akan Anda gunakan setiap hari? Kebanyakan orang hanya menggunakan 1.5 dari barang-barang yang mereka miliki di dapur. Jika Anda merasa barang-barang yang Anda miliki tak terlalu sering digunakan, mungkin bisa Anda simpan di gudang atau lebih baik berikan ke orang yang lebih sering menggunakannya. Lalu nikmati sisa ruang lapang yang telah Anda ciptakan dari ketidakadaan barang tadi.

9. Maksimalkan cahaya yang hadir ke ruangan dari sela-sela ventilasi dengan tidak menggunakan banyak bahan pada tirai. Cukup gunakan vitrage saja atau kain di bagian atas jendela saja. Upayakan sebanyak-banyaknya sinar masuk ke dalam ruangan tersebut.

10. Kebersihan juga amat perlu diperhitungkan. Pilihlah perangkat masak yang mudah dibersihkan, tahan lama, dan memiliki fungsi maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com