Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Tulungagung Juara Kontes Matematika

Kompas.com - 14/08/2010, 13:30 WIB

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Harum Lokawati (13), siswi SMP Negeri I Tulungagung, Jawa Timur, berhasil menjuarai kontes matematika internasional (International Mathematic Contest/IMC) yang digelar di Singapura, 7-10 Agustus 2010. Harum menyumbang satu medali perak untuk Indonesia.

Prestasi membanggakan itu secara terbuka dipublikasikan Kepala SMPN I Tulungagung Bambang AS, di Tulungagung, Sabtu (14/8/2010). Menurutnya, Harum sebenarnya bukanlah satu-satunya wakil pelajar Indonesia yang mengikuti kontes IMC. Masih ada sebanyak 113 pelajar lain, mulai jenjang kelas III SD hingga kelas XII SMA yang berangkat ke Singapura dan mengikuti kejuaraan bergengsi bidang matematika tersebut.

Namun, lanjut Bambang, dari sekian pelajar yang telah mendapat pelatihan matematika secara intensif tersebut, hanya tujuh siswa yang akhirnya berhasil menyabet medali, yakni lima medali emas dan dua perak.

"Satu di antara medali yang berhasil dibawa pulang tim pelajar ’merah-putih’ itu adalah yang kini pegang Harum Lokawati. Dia masuk kategori terbaik ketiga sehingga mendapat medali perak," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com