Masih Kenyang Saat Mau Sahur, "Gimana" Dong?

Kompas.com - 27/08/2010, 07:53 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Sahur mungkin merupakan salah satu tantangan terberat saat puasa. Bagaimana tidak, kita harus mengalahkan kantuk yang luar biasa dan segera bangun untuk makan. Setelah bangun pun rasanya perut masih kenyang. Penyebabnya mungkin karena Anda masih makan lagi antara pukul 21.00 hingga tengah malam. 

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang dapat mengacaukan sahur. Pertama, kita berbuka secara kalap, membuat tubuh cepat lapar dan mendorong kita untuk makan lagi di malam harinya. Kalau kita berbuka dengan menu yang benar, kita tak akan merasa sangat lapar setelah salat tarawih, kata dr Grace Judio-Kahl, Msc, MH, CHt, konsultan dari klinik penurunan berat badan lightHOUSE di Jakarta. Yang kedua, kita memang tak terbiasa makan di waktu subuh.

Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan berbuka dengan menu yang benar. Selama beberapa tahun terakhir, kita mungkin sering mendengar ungkapan "berbukalah dengan yang manis". Anjuran ini bisa jadi benar ataupun salah. Benar, ketika diterapkan pada mereka yang mengalami hipoglikemik, atau kekurangan kadar gula dalam darah. Dalam kondisi seperti itu, sebaiknya mereka berbuka dengan asupan yang manis untuk menaikkan kembali kadar gula darahnya. Misalnya, dengan minum madu.

Di sisi lain, anjuran itu akan salah bila ditujukan pada mereka yang tak punya keluhan terhadap gula darah. Sebaiknya mereka berbuka dengan buah kurma segar dan segelas air putih. Berdasarkan studi klinis yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition, kurma mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya Beta D-Glucan, serat larut air yang dapat memberikan rasa kenyang dan baik untuk kesehatna pencernaan. Kurma dan segelas air putih merupakan hidangan berbuka yang paling ideal, sebab cukup cepat dalam mengganti cairan yang hilang. Setelah itu, beri jeda selama 15-30 menit sebelum kita mulai menyantap hidangan utama yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang. Mengonsumsi makanan yang tepat saat berbuka akan mencegah kita merasa lapar pada beberapa jam berikutnya, hingga menjelang waktu sahur. (Prevention Indonesia/Christina)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.