Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Islamic Fashion Festival Janjikan Gebrakan ke Italia di 2011

Kompas.com - 13/11/2010, 02:24 WIB

KOMPAS.com - Setelah 6 hari digelar di JW Marriott Kuala Lumpur, ajang Islamic Fashion Festival (IFF) XI berakhir pada hari Jumat, 12 November 2010 dengan dihadiri oleh YAB Datin Paduka Seri Rosmah Mansor, istri dari Perdana Menteri Malaysia, serta penasihat dari KL-Jakarta IFF. Hari terakhir dari pagelaran selama 6 hari ini ditutup dengan pagelaran busana kecil (showcase) dari 10 desainer, termasuk dua desainer Indonesia, Jenny Tjahyawati dan Ghea Panggabean.

Raja Rezza Shah, pendiri dan Ketua IFF berterima kasih kepada Datin Paduka Seri Rosmah Mansor karena selalu hadir pada setiap tahun penyelenggaraan IFF di Malaysia, bahkan sempat pula hadir di acara IFF yang digelar di New York beberapa waktu lalu. Menurut Dato' Raja Rezza, sang Datin menyukai acara IFF dan sangat bangga akan pagelaran ini. Ia pun sempat mengungkapkan kekagumannya akan kreasi Ghea Panggabean serta desainer lain yang memiliki nilai tambah pada detail dan aksesori.

Dato' Raja Rezza Shah juga sempat mengutarakan bahwa upayanya untuk menjalankan festival ini bukan hal yang mudah, namun ia berjanji akan terus mencoba untuk mencapai apa yang ia cita-citakan yakni mewujudkan citra agar masyarakat berbusana sopan dan agar IFF sebagai pelaku aktif dalam industri busana muslim dengan pengakuan global.

Ketika ditanyakan oleh Kompas Female apakah ada target yang belum tercapai, Dato' Raja Rezza Shah mengungkapkan, "Saya ingin melihat desain istimewa yang khusus untuk anak muda. Karena itu, saya terus mengusahakan dan berharap suatu hari akan muncul. Karenanya saya tidak berhenti mengajak dan bekerja sama banyak pihak."

Dato' Raja Rezza Shah juga mengungkapkan rencananya untuk langkah ke depannya. Di tahun 2011 mendatang, ia yakin bisa mendekati Milan Fashion Week 2011. "Kerja sama ini saya lakukan dengan Giorgio Armani untuk 2011 nanti. Di tahun mendatang juga direncanakan akan menambah daerah-daerah yang berpartisipasi, seperti Jenewa, Kazakhstan, London, dan sebagainya. Bahkan kami juga sedang menjajaki kerjasama dengan Kenzo (perancang asal Jepang yang sukses di mancanegara)," ungkapnya.

Islamic Fashion Festival merupakan sebuah ajang pagelaran festival busana muslim yang digagas oleh Dato' Raja Rezza Shah dari Malaysia dan dimulai pada tahun 2006. Sejak pertama, ia mengajak Indonesia dan perancang-perancangnya untuk menampilkan busana-busana muslim kepada khalayak. Dalam penyelenggaraannya, IFF yang digelar di Malaysia bisa didatangi oleh siapa pun untuk menghadiri pagelaran yang dikehendaki dengan membeli tiket yang sebagian tiketnya disumbangkan untuk kegiatan amal. Sementara di Jakarta, hadirin yang datang adalah para tetamu undangan. Biasanya acara digelar dalam bentuk high tea atau dinner di hotel berbintang. IFF sudah pernah dibawa ke Dubai, Abu Dhabi, New York, Monte Carlo, dan sebagainya. IFF kesebelas ini mengundang sekitar 50 desainer dari berbagai negara, di antaranya; Malaysia, Indonesia, India, Filipina, Italia, Pakistan, dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com