Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Merasa Ditekan untuk Kembali Langsing

Kompas.com - 15/11/2010, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Ingat bagaimana Heidi Klum tampil dalam peragaan busana Victoria's Secret, hanya enam minggu setelah melahirkan? Heidi dengan bangga memamerkan tubuhnya yang kembali langsing dalam peragaan pakaian dalam tersebut.

Melangsingkan tubuh dengan cepat memang hanya terjadi pada kalangan model, penyanyi, atau aktris. Sebab, pekerjaan menuntut mereka untuk selalu tampil cantik dan langsing. Hanya saja, pameran bodi langsing ini membuat para ibu baru menjadi tertekan. Hampir dua pertiga dari ibu baru mengatakan suatu desakan untuk ikut menurunkan berat badan dengan segera, demikian menurut survei dari Royal College of Midwives.

Menatap tubuh para model itu membuat para ibu baru ini menjadi jijik dengan tubuh mereka sendiri. Di Inggris, selebriti seperti Myleene Klass dan Tess Daly menjadi patokan para ibu baru ini. Banyak cara yang mereka lakukan untuk menghilangkan berat badan tersebut, seperti menerapkan diet ketat. Namun pakar kesehatan memperingatkan bahwa diet semacam ini sangat tidak sehat, dan bisa menyebabkan ibu baru terlalu lelah untuk merawat bayinya.

Survei yang melibatkan lebih dari 6.200 ibu baru, yang diadakan oleh situs Netmums ini, juga mendapati bahwa 61 persen ibu baru mengatakan bahwa bidan kelewat sibuk untuk memberikan nasihat tentang apa yang harus mereka konsumsi sebelum dan sesudah melahirkan. Sebanyak 84 persen menyatakan bahwa nasihat yang diberikan tidak bermutu.

"Diet ketat memberikan konsekuensi kesehatan. Perempuan akan merasa sangat letih, dan mereka tidak akan sanggup merawat bayi mereka, maupun memulihkan diri dari kehamilan dengan semestinya. Mereka seharusnya makan secara normal pada enam bulan pertama," ungkap Janet Fyle, bidan dan penasihat kebijakan di RCM.

Yang perlu diutamakan adalah pola makan yang sehat. Para ibu juga diingatkan bahwa berat badan akan turun secara alami melalui aktivitas menyusui.

Mengenai hal ini, Sally Russell, salah satu pendiri Netmums.com mengatakan, "Selama kehamilan, perempuan ingin mendapat kesempatan untuk mendiskusikan bentuk dan berat badan dengan para pakar kesehatan. Tampaknya bidan tidak banyak memiliki waktu untuk itu, dan sehingga sangat dibutuhkan upaya untuk mengatasi masalah ini."

Berdasarkan pengalaman Anda, berapa lama setelah melahirkan Anda bisa mendapatkan kembali bobot badan sebelum hamil? Bagaimana upaya Anda untuk mendapatkannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com