Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manis dan Seksi Rambut ala "Parisienne" Tahun 1960-an

Kompas.com - 16/02/2011, 18:26 WIB

KOMPAS.com - Kesan manis dan seksi tercipta dari tren tata rambut 2011 dari International des Coiffures des Dames (ICD) Paris yang diperkenalkan oleh President ICD Indonesia, Rudy Hadisuwarno hari ini, Rabu, 16 Februari 2011 di Airman Planet Restaurant, Hotel Sultan, Jakarta.

ICD merupakan organisasi penata rambut dunia yang anggotanya berasal dari 50 negara. Di Indonesia, hanya ada sekitar 20 anggota yang tergabung. Setiap tahunnya, ICD International menggelar seminar tren, dan tahun ini, tema yang diusung adalah "Paris's Most Beautiful Hair".

Diaplikasikan ke dalam tren Indonesia, ICD Indonesia pun membawa tema mirip yang disesuaikan dengan masyarakat Indonesia. Tema ICD Indonesia adalah "Asia's Most Beautiful Hair".

Dijelaskan Rudy Hadisuwarno, bahwa tata rambut tren tahun 2011 ini terbagi dalam 4 kategori; Trip Cosmic, Folk Earth, Mad Men, dan Ethnic Barocco. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, namun memiliki sedikit tema gaya rambut di tahun 60-an.

Kesan retro chic terangkat dari gaya rambut yang mengembang, bervolume, garis lurus, sasak, pendek, gelombang keriting, dan warna-warna yang lebih tegas.

1. Koleksi Mad Men
Berkisar pada guntingan bergradasi, kental bentuk bob, belahan di samping, tekanan ujung sebatas telinga. Glamornya tahun 60-an terpancar di sini. Padankan dengan eyeliner hitam di sekitar mata, maka kesan seksi khas tahun itu sudah jadi milik Anda. Warna kepirangan bisa jadi pilihan untuk guntingan dalam kategori ini.

2. Koleksi Cosmic Trip
Adalah kesan yang liar, muda, dan seru. Bagi yang memiliki rambut panjang dan ingin tampil lebih playful dan seksi, inilah pilihan bentuk tata rambut yang tepat. Boudoir dengan sasak rambut tinggi di bagian atas kepala kembali jadi pilihan, dengan bagian bawah rambut diurai dan diberi kesan gelombang klasik. Pilihan sleek juga bisa Anda lakukan pada bagian atas kepala, lalu buat twist di bagian ponytail. Paduan antara sleek dan messy memberi kesan unik.

3. Koleksi Folk Earth
Adalah kesan vintage dengan sentuhan Parisienne zaman dulu. Klasik, romantis, dan vintage muncul dari kesan messy dan banyak bermain pada sasak rambut. Rambut besar, mengembang, banyak bermain dengan twist rambut diperkirakan akan tren di tahun ini. Banyak hairspray dibutuhkan untuk tampil seperti ini.

4. Koleksi Barocco Ethnic
Potongan pendek, kepang renggang (loose braid), dan guntingan bergradasi menjadi kunci tema ini.

Pihak ICD menerangkan bahwa tren rambut semacam ini dirangkum dan diinterpretasikan dari tren busana dunia internasional, kemudian muncul ide dan dibuatkan konsep tata rambut yang kemudian diperkenalkan. Kadang tren rambut pun merupakan lanjutan dari tren tahun sebelumnya. Begitu pun tren rambut yang dihadirkan kali ini mengacu kepada tren dunia yang disesuaikan dengan tren di Indonesia juga. Usai temu media, Wella, sponsor acara perkenalan tren ini bersama ICD akan memberikan seminar kepada para penata-penata rambut dan pemilik salon agar bisa terus update dengan tren yang berlaku di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com