Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang di Jabodetabek Makin Ekspansif

Kompas.com - 17/02/2011, 21:04 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Setelah berganti rupa dengan sebutan Metland, PT Metropolitan Land melebarkan sayapnya di Cibitung, Kabupaten Bekasi. Nanda Widya, Presiden Direktur PT Metropolitan Land menuturkan luas lahan proyek di Cibitung mencapai 140 hektare (ha) dengan model rumah menengah ke bawah.

"Rata-rata harganya mulai dari Rp 60 juta sampai Rp 100 juta," tutur Nanda saat wawancara dengan wartawan di lobi hotel Metropolitan Bekasi sesuai memberikan penghargaan kepada sejumlah tenant di Mal Metropolitan, Selasa (16/2).

Pembangunan proyek terbaru di Cibitung ini akan dimulai pada pertengahan tahun 2011 ini. "Rencananya kami akan membangun sebanyak 10.000 unit rumah," imbuh Nanda. Jangka waktu penyelesaian proyek ini sekitar 10-15 tahun ke depan. Sementara saat ini, masih dalam tahap pemantapan di lapangan dan persiapan pembangunan.

Sementara itu, PT Metropolitan Land juga berencana membangun 7 proyek besar pada tahun ini dan tahun depan. Meskipun tempatnya masih bersifat rahasia, Nanda menuturkan mereka akan membangun proyek model Real Estate, Hotel, Plaza, Mal, Apartemen dan Kondotel di Bali.

Nanda menambahkan mereka menyediakan dana segar sekitar Rp 500 miliar untuk pembangunan itu. Dari Rp 500 miliar tersebut, 40 persen berasal dari dana internal, sisanya dari pinjaman perbankan dan investor.

Sinarmas Land juga semakin memantapkan langkahnya berbisnis di bidang properti khususnya mengunggulkan produk-produk residensial. Menurut Ishak Chandara, Corporate Strategic Director Sinarmas Land, kebutuhan masyarakat akan kawasan hunian akhir-akhir ini semakin meningkat.

"Produk residensial yang kami pamer kan ini harganya mulai Rp 100 juta sampai Rp 2 miliar," kata Ishak di tengah pameran properti di Jakarta Convention Center (JCC) selama 9 hari yang dimulai Sabtu (5/2) hingga Minggu (13/2) lalu.

Menurut Ishak jumlah nilai penjualan produk Sinarmas Land pada Oktober 2010 lalu di acara pameran yang di gelar di JCC naik sekitar 100 persen dibandingkan jumlah total penjualan di acara pameran sama tahun sebelumnya.

Sebagai catatan, Selain BSD City, Sinarmas Land juga masih memiliki satu kota satelit lainnya yaitu Kota Delta Mas. Tak cuma itu, kawasan residensial Sinarmas Land saat ini juga telah mencakup lebih dari 10 wilayah, yaitu di Jabotabek (Banjar Wijaya Serpong, Telaga Golf Sawangan, Grand Wisata, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Taman Permata Buana).

Untuk di wilayah Surabaya, BSD City memiliki residensial Wisata Bukit Mas dan Vila Bukit Mas). Sementara di Balikpapan yaitu Balikpapan Baru, Grand City dan Batam yakni Taman Duta Mas. (Noverius Laoli/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com