Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips ke Kebun Binatang dengan Si Kecil

Kompas.com - 05/08/2011, 11:25 WIB

KOMPAS.com – Kebun Binatang adalah salah satu tempat wisata favorit bagi keluarga. Melihat berbagai binatang secara langsung dari dekat tentu akan memberikan pengalaman menarik yang bersifat mendidik, terutama pengetahuan mengenai dunia fauna. Selain itu, wisata ke kebun binatang  juga bisa melatih kecerdasan, baik verbal maupun visual spasial bagi anak Anda. Sebelum beranjak pergi ada baiknya Anda melakukan persiapan secara matang terlebih dahulu. Berikut beberapa tips apabila Anda pergi berwisata ke kebun binatang bersama anak.

Persiapkan Segala Perlengkapan. Periksa kembali barang bawaan Anda dan segala kebutuhan perlengkapan anak Anda. Seperti pakaian ganti sebagai persiapan apabila anak Anda beraktivitas terlalu banyak. Kemudian perlengkapan piknik, misalnya persediaan makanan dan minuman selama berada di kebun binatang. Jangan lupa untuk membawa karpet lipat atau tikar sebagai alas beristirahat. Siapkan pula kamera untuk mendokumentasikan kegitan Anda dan keluarga. Tak ada salahnya untuk membawa jas hujan atau payung untuk mengantisipasi cuaca bila hujan.

Perhatikan Waktu. Datanglah lebih pagi. Selain untuk menghindari antrian panjang saat membeli tiket masuk, juga dapat memperbanyak waktu berwisata mengelilingi kebun binatang. Sehingga lebih banyak pula kesempatan untuk memberikan pengetahuan baru kepada anak Anda tentang dunia binatang. Pergunakanlah waktu sebaik mungkin agar perjalanan wisata Anda bersama keluarga jadi lebih bermanfaat.

Tetap Waspada. Pastikan si kecil berada dalam pengawasan Anda saat berada di kebun binatang. Terus perhatikan gerak-gerik anak Anda saat bercengkrama langsung dengan binatang yang disukainya, seperti menaiki gajah, bermain dengan orang utan, dan lain sebagainya. Apalagi jika anak Anda sangat aktif dan antusias terhadap sesuatu hal yang baru ia lihat, biasanya mereka akan lebih ekspresif. Oleh karena itu, Anda harus ekstra waspada dan jangan lalai. Namun, tak baik pula bila terlalu protektif saat menjaga anak Anda. Tetap berikan mereka kebebasan untuk berinteraksi fauna dan alam secara alami.

Jaga Kebersihan. Anda harus tetap menjaga kebersihan, terlebih bila sedang berada di kebun binatang. Anda juga harus mampu mengajarkan kebiasaan menjaga kebersihan kepada anak Anda, seperti membuang sampah pada tempatnya. Jaga pula kebersihan tangan anak Anda dan biasakan cuci tangan atau bersihkan dengan tisu basah saat selesai bermain.

Buat Ruang Diskusi. Jika sudah selesai bermain dan bercengkrama, serta berfoto dengan berbagai jenis fauna yang ada didalam kebun binatang, istirahatlah sejenak untuk berpiknik di bawah pohon rindang sambil menikmati bekal makanan Anda. Manfaatkan pula waktu tersebut untuk berdiskusi dengan anak Anda mengenai pengalaman yang ia dapatkan selama bermain dengan fauna yang ada. Sekaligus untuk mengulang dan mengingat kembali pengetahuan yang ia dapatkan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com