5 Cara Memilih Kosmetik Vegetarian

Kompas.com - 17/10/2011, 17:55 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Menjadi vegetarian seutuhnya tak hanya dari pilihan makanan, namun juga produk kecantikan. Apakah produk kecantikan yang Anda kenakan sudah memenuhi kualifikasi vegetarian? Simak cara mengenalinya.

1. Ada label kelinci sedang melompat.
Jika produk kecantikan Anda menyertakan label ini, tandanya kosmetik yang Anda beli diproduksi tanpa melewati uji coba pada binatang. Meski begitu, ini bukan satu-satunya tanda bahwa produk kecantikan tersebut sudah vegetarian. Simak kiat berikutnya.

2. Cek perusahaan kosmetik melalui internet.
Cari informasi melalui internet mengenai perusahaan produk kecantikan tersebut. Biasanya, produk kecantikan vegetarian memberikan edukasi melalui kampanye atau saat berpromosi mengenai produknya. Mereka menyampaikan berbagai pesan yang mendukung vegetarian. Bahkan memberikan informasi detil mengenai bahan baku produk mereka, untuk membuktikan bahwa mereka konsisten mendukung gerakan yang mewakili vegetarian.

3. Perhatikan kandungan omega 3.
Produk kecantikan dengan kandungan omega 3 banyak ditemui di pelembab. Jika ingin menggunakan produk vegetarian, pastikan omega 3 tersebut bukan berasal dari ikan laut, melainkan dari biji-bijian.

4. Tidak mengandung dadih.
Dadih atau air susu sapi atau kerbau yang pekat atau dikentalkan masih dikonsumsi oleh vegetarian tetapi tidak untuk vegan. Banyak produk peeling atau bahan kimia untuk produk kosmetik mengandung asam laktat dari susu yang dikentalkan tersebut. Jika Anda seorang vegan, perhatikan label pada produk kecantikan apakah mengandung dadih atau tidak.

5. Perhatikan kandungan gelatin dan gliserin.
Kebanyakan produk kecantikan saat ini memiliki kandungan gelatin dan gliserin dari sayur-sayuran. Tetapi waspadai jika ternyata kandungan gelatin dan gliserin pada produk kosmetik yang Anda pakai berasal dari daging-dagingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.