Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Anak-Anak Akrab dengan Berkuda

Kompas.com - 01/12/2011, 22:33 WIB

KOMPAS.com - Selain anjing dan kucing, kuda juga merupakan binatang yang ramah dengan manusia. Berkuda juga merupakan olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, terutama untuk anak-anak. Untuk mempopulerkan kegiatan berkuda pada masyarakat, terutama untuk anak-anak, JN Stud membuka sebuah fasilitas sekolah berkuda untuk anak-anak di kawasan Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat.

"Kami melirik anak-anak karena mereka membutuhkan kegiatan outdoor untuk perkembangan fisiknya," ungkap Rahmat Natsir, Direktur JN Stud, dalam media gathering di Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12/2011).

Untuk mendukung program ini, ada beberapa pelatihan yang diajarkan di sekolah berkuda ini, seperti grooming (merawat kuda), lungging (menunggang kuda santai), dressage (menunggang kuda serasi), sampai tahapan lanjut seperti jumping (lompat rintangan). "Demi keamanan, seorang pelatih akan mendampingi setiap anak didik.

Harga yang dipatok untuk olahraga berkuda ini mulai dari Rp 100.000 - 350.000 selama 45 menit. Kuda yang ada di tempat ini sebagian besar adalah kuda peranakan Eropa yang memiliki tubuh yang besar dan tegap. Namun JN Stud juga menyediakan kuda poni untuk pemula ataupun anak-anak.

"Kegiatan ini sangat menyenangkan. Anak-anak tidak hanya memperoleh kenikmatan menunggang kuda, tetapi juga dapat berinteraksi dengan kuda, mengendalikannya, serta meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi tubuh," beber Natsir.

Kegiatan berkuda di JN Stud bisa Anda coba sebagai alternatif kegiatan akhir pekan bersama keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com