Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Belanja dari Pagi hingga Larut Malam

Kompas.com - 17/12/2011, 23:27 WIB

KOMPAS.com - Momen hari raya selalu menghadirkan suasana berbeda. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambutnya. Belanja pun menjadi gaya hidup yang identik dengan momen istimewa ini. Termasuk saat merayakan Natal dan tahun baru.

Momen inilah juga yang dimanfaatkan keluarga untuk meningkatkan kebersamaan. Caranya bisa beragam. Untuk masyarakat berpenghasilan tinggi, liburan bersama keluarga hingga ke luar negeri pun menjadi pilihan dalam merayakan Natal dan tahun baru. Pilihan lainnya, bisa dengan cara sederhana, membeli bahan masakan dan perlengkapan dekorasi, dan mengadakan pesta keluarga di rumah. Jika ingin praktis, mengajak seluruh anggota keluarga makan malam bersama di restoran favorit juga menjadi pilihan lainnya.

Perayaan Natal juga identik dengan hadiah. Bagi yang menjalaninya sebagai tradisi, kebiasaan berbelanja hadiah Natal pun menjadi gaya hidup. Apapun pilihannya, hari raya menjadi momen istimewa keluarga untuk menikmati waktu bersama.
Mal ternama melirik gaya hidup dan kebiasaan masyarakat urban ini. Alhasil, dua mal ternama di Jakarta, sepekan jelang Natal, menarik pengunjung dengan caranya yang sensasional.

Belanja pagi di Senayan City
Saat mal pada umumnya masih tutup, Senayan City membuka pintu untuk pengunjung setianya juga para pemburu diskon. The Fabulous Morning Shopping, itulah program belanja diskon hingga 70 persen yang digelar Senayan City mulai pukul 08:00.

"Sekitar 250 tenant di Senayan City, atau 30 persennya, berpartisipasi di belanja pagi ini, termasuk department store Debenhams. Area Food and Beverages juga ikut serta, mereka sangat mendukung kegiatan ini karena selain dapat memenuhi kebutuhan sarapan, mereka juga mendapatkan penghasilan ekstra dari kegiatan ini. Karena memang kegiatan ini mendatangkan banyak pengunjung, kebanyakan perempuan dan kaum ibu," kata Henny R Udy, Chief Operations Officer Senayan City kepada Kompas Female jelang pembukaan kegiatan belanja pagi, Sabtu, 17 Desember 2011.

Boleh dibilang, Senayan City adalah pelopor program belanja lagi hari ini. Tahun 2011, untuk kali ketiga mal anggota Agung Podomoro Group ini mengadakan kegiatan belanja yang tak biasa.

"Kegiatan belanja pagi hari ini merupakan bagian perayaan Natal dan tahun baru. Mereka yang masih ingin berbelanja kebutuhan Natal menjadi sasarannya. Satu pekan jelang Natal, last minute shopping kami menyebutnya. Setelah ini tak ada lagi program diskon besar-besaran seperti ini," kata Sri Ayu Ningsih, Public & Tenant Relations Manager, Senayan City.

Pada 2009, Senayan City menggelar acara serupa jelang Natal dan tahun baru. Tahun berikutnya, belanja diskon pagi hari diadakan mengambil momen tahun baru China.

Menurut Ayu, program belanja pagi hari dengan penawaran diskon  menggiurkan berhasil menarik animo lantaran waktu penyelenggaraannya menyesuaikan momen dan kebutuhan pengunjung. Hal yang sama juga terjadi saat mal ini menggelar Midnight Shopping sepekan sebelumnya (8-12 Desember 2011).

"Kenaikan jumlah pengunjung meningkat selama empat hari Midnight Shopping, sekitar 30 persen. Rata-rata pengunjung per hari 135.000 selama empat hari. Biasanya, di hari kerja, jumlah pengunjung sekitar 80.000, dan saat akhir pekan mencapai 90.000-100.000," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com