Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Punya Hewan Peliharaan

Kompas.com - 20/04/2012, 03:32 WIB

Punya hewan peliharaan itu asyik? Benar enggak ya pendapat itu, MuDAers? Bukannya malah bikin repot karena kita harus mengurus mereka?

Hmm... setelah banyak bertanya, memelihara hewan itu ternyata asyik lho MuDAers. Selain berfungsi sebagai peliharaan, hewan-hewan itu juga bisa kita jadikan sahabat. Kalau MuDAers mendidiknya dengan baik, hewan peliharaan tidak akan menyusahkan kita. Mereka justru akan menjadi teman dan penghibur bagi kita.

Menurut Royce Iswara, salah seorang penyayang hewan, ada kelebihan lain bagi kita yang memiliki hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan, kita dilatih bersabar dan menghargai hewan. ”Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, hewan juga harus kita cintai. Kita tidak boleh merendahkan dan menyiksa hewan hanya karena hewan tidak memiliki akal dan budi layaknya manusia,” ujarnya.

Keuntungan memiliki hewan peliharaan makin terasa bagi MuDAers yang merupakan anak tunggal seperti Meliana Gandhi Kusumo. Hewan peliharaan itu bisa seperti teman juga, lho. ”Punya hewan peliharaan bisa jadi hal yang seru. Misalnya, kalau kita sedang tertekan karena suatu masalah atau sedang dilanda bosan, kita bisa melupakannya dengan bermain dengan hewan peliharaan kita. Seperti makhluk hidup lainnya, hewan juga bisa kok mengerti perasaan kita, apakah kita sedang sedih, senang, gelisah, bingung, atau lainnya,” kata Meliana.

Biasanya, kalau kita sedang senang mereka akan mengajak kita bermain. Atau bila kita sedang sedih, mereka akan menghibur kita dengan caranya masing-masing. ”Pokoknya asyik deh,” ujar Meliana.

Perawatan

Memang, merawat hewan peliharaan gampang-gampang susah. Susahnya kita harus sabar merawatnya karena ada kemungkinan hewan tersebut susah mandi, berbulu atau berambut lebat, berkulit sensitif, dan lain sebagainya.

Kak Eric, pengelola pet shop di kawasan Bekasi, mengatakan, untuk hewan yang berbulu atau berambut lebat, kita harus rajin memandikannya. Jika tidak, bulu atau rambut mereka akan kusut sehingga terpaksa dicukur.

Selain perawatan untuk bulu atau rambut hewan peliharaan, kita juga harus memperhatikan kebersihan kuku mereka. Jika kuku hewan peliharaan kita dibiarkan panjang, hal ini dapat membahayakan hewan tersebut karena dapat melukai tubuhnya. Termasuk melukai kita sebagai pemiliknya meski hal itu bisa terjadi tanpa sengaja.

Yang enggak boleh kita lupa, mempersiapkan tempat tinggal bagi hewan peliharaan kita. Jika kita tidak memberi tempat tinggal yang nyaman, secara perlahan hewan peliharaan kita akan merasa tersiksa, bahkan lama-lama stres dan akhirnya mati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com