Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Berbusana yang Merampingkan Perut

Kompas.com - 18/05/2012, 16:59 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan perut yang rata, para wanita sering tak berpikir panjang dan langsung melakukan program diet kilat yang terkadang justru berbahaya bagi kesehatan. Padahal cara yang tepat untuk mendapatkan perut rata adalah dengan mengatur pola makan yang tepat dan olahraga rutin.

“Perut adalah bagian tubuh yang paling cepat bereaksi terhadap perubahan pola makan. Kalau ingin terlihat lebih langsing dengan kilat, maka hindari konsumsi sayuran yang bergas, garam, minuman soda, permen karet, dan makanan yang mengandung gula sintetis,” ungkap Erin Palinski, RD, pakar diet dan personal trainer bersertifikat.

Terlalu banyaknya kandungan makanan ini di dalam tubuh akan memicu terjadinya retensi air dan kembung. Normalnya, setiap hari kita punya tiga kali waktu makan besar. Maka cobalah untuk mengurangi porsi makan ini menjadi setengahnya dan makanlah porsi kecil ini setiap 2-3 jam sekali.

Namun untuk mendapatkan perut yang ramping, Anda juga bisa melakukan beberapa trik kilat dan aman yang bisa dilakukan, yaitu melalui pemilihan busana. Memilih pakaian dengan model yang tepat dapat membuat tubuh terlihat langsing. Berikut beberapa tips dari Meg Goldman, stylist asal New York City yang berpengalaman mendandani wanita dengan beragam bentuk badan dan ukuran:

1. Pilih bahan baju yang tepat. Jika ingin terlihat langsing, jangan sekali-kali menggunakan baju yang terbuat dari bahan Lycra dan stretch. Kedua bahan ini justru malah akan menonjolkan lekuk lemak di tubuh. Pilihlah baju dari bahan katun atau sutera yang memberikan efek langsing dan membentuk tubuh.

2. Gunakan baju terusan atau wrap dress. Dengan menggunakan baju terusan ini, orang tidak akan terlalu fokus pada bagian perut kita. Baju model ini akan membuat bagian tangan dan kaki kita lebih menonjol. Sedangkan dengan menggunakan wrap dress atau model kimono, akan membentuk pinggang dan menonjolkan leher dan payudara Anda yang indah.

3. Gunakan baju atasan yang tepat. Kaus atasan berleher bulat dan sedikit sentuhan kalung yang indah akan membuat pandangan orang-orang fokus ke bagian wajah, dan jauh dari lemak di perut dan pinggang. Selain itu, baju atasan dengan aksen kerut di tengah juga bisa berguna untuk mengalihkan pandangan dari perut.

4. Pakailah sabuk lebar dan gelap. Trik ini berfungsi untuk memisahkan bagian pinggang dan payudara, sehingga mata akan lebih terfokus ke bagian payudara ke atas.

5. Bermain pola. Samarkan lipatan lemak di tubuh dengan menggunakan pola atau motif bunga dan geometri. Gunakan atasan motif bunga dengan bawahan warna gelap untuk kesan ramping di bagian bawah.

(Prevention Indonesia Online/Astrid Anastasia)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com