Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2012, 10:44 WIB

KOMPAS.com - L'Oreal mengklaim telah menemukan rahasia untuk kulit terlihat lebih muda dengan rangkaian produk terbaru Yves Laurent krim Youth Liberator. Mereka mengklaim, krim Youth Liberator bisa membuat kulit terasa lebih kencang dan keriput tampak berkurang. Kulit pun akan terlihat tampak lebih muda.

Bahan ajaib yang terkandung di dalamnya bernama glycan, yang menurut L'Oreal dapat memerangi tanda-tanda penuaan. Terdengar seperti janji yang indah, bukan?

Ahli bedah plastik Dr. Rozina Ali menyelidiki penelitian L'Oreal dalam film dokumenter BBC Horizon, yang disiarkan baru-baru ini.Dia menemukan penelitian yang dilakukan oleh L'Oreal tentang glycobiology adalah terobosan baru dalam melawan tanda-tanda penuaan. "Memahami kekuatan gula adalah cabang baru dari ilmu - glycobiology. Ilmu ini menawarkan kemungkinan menggiurkan: membantu kita terlihat lebih muda."ujarnya

article-2178889-0F56787F00000578-967_468x389

Dia juga menjelaskan glycobiology adalah studi tentang gula kompleks dalam jaringan yang para ilmuwan sebut glycans. Glycans adalah molekul makro atau poly saccharides, tanpa mereka sel-sel dalam tubuh kita tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. Dalam, kulit kita sebuah pesan dikirim melalui glycans untuk memproduksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan halus. Namun komunikasi ini bisa rusak oleh usia, saat dimana glycans berhenti bekerja secara efisien.

Dr Ali menjelaskan efek dari kondisi ini: "Perintah untuk terus membuat kolagen tidak akan dikirim sehingga kolagen mulai mengempis dan kulit pun mengendur juga timbul kerutan".

Nah, para ahli di L'Oreal mengatakan bahwa glycans dalam produk mereka akan merangsang glycans di kulit ketika krim diserap. Akibatnya, komunikasi untuk memproduksi kolagen akan dikembalikan, yang akan meningkatkan elastisitas kulit. Jadi jika teori L'Oreal benar, kita semua dapat mengusir kerutan.

"Sebagai perempuan saya sangat senang dengan penemuan ini, tapi sebagai dokter bedah, saya lebih skeptis. Sebab, krim kosmetik tidak dapat menembus cukup dalam atau cukup mengandung bahan aktif untuk membuat efeknya terlihat. Tapi mungkin glycans dapat mencapai daerah krim kosmetik lain tidak bisa."

L'Oreal berniat untuk membuktikan glycans memang bisa mencapai daerah lebih dalam yang tidak bisa dicapai oleh krim komestik lainnya. Julie McManus, Sciencetific Director, L'Oréal Inggris dan Irlandia mengatakan, "L'Oréal telah mengabdikan lebih dari 20 tahun penelitian ke dalam pemahaman peran glycobiology di kulit dan perubahan yang terjadi dengan usia. Kami telah berhasil mengembangkan produk yang sangat efektif berdasarkan glycobiology."

"Kami benar-benar berkomitmen untuk membuktikan hasil ilmiah dari produk perawatan kulit kami, oleh karena itu kami sedang melakukan uji coba klinis lebih lanjut di Inggris pada krim Forever Youth Liberator."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com