Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2012, 14:13 WIB

TANYA : 

Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Saya pernah mendengar, ketika memasuki usia kehamilan besar, sebaiknya puting ibu harus sering dibersihkan sehingga apabila setelah melahirkan langsung dapat menyusui bayi (puting tidak tersumbat oleh kotoran). Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, yaitu : 1. Bagaimanakah cara yang benar dan sehat untuk membersihkan puting payudara? 2. Apakah ada sabun atau cairan pembersih khusus yang direkomendasikan untuk membersihkan puting? 3. Berapa lama sekali waktu yang diharuskan ibu untuk membersihkan puting, sehingga kegiatan menyusui bayi tidak terganggu? Terimakasih sebelumnya atas saran dan informasi yang diberikan, dan semoga bisa membantu para ibu yang sedang mengalami hal yang sama. 

(Fitri, 28, Depok)

JAWAB :
 
Ibu Fitri yang berbahagia,

Tentunya kita ingin saat melahirkan kita sudah siap menyusui bayi kita.  Puting susu dan areola merupakan anggota tubuh yang akan sangat berperan dalam menyusui bayi.

Pembersihan khusus dan berlebihan pada bagian puting dan areola akan membuat daerah tersebut menjadi kering, pecah - pecah dan terasa tidak nyaman karena kehilangan minyak alami yang akan menjaga kelembaban daerah puting dan areola.

Yang perlu dilakukan untuk merawat kebersihan puting dan areola adalah dengan mandi seperti bagian tubuh yang lain, tidak perlu dengan cairan atau pembersih khusus.  Semoga hal ini bisa membantu.

Salam ASI,

dr. Astri Pramarini, IBCLC

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com