Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman Pemenang Tender MRT Diundur

Kompas.com - 11/10/2012, 16:00 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman pemenang lelang tender untuk pembangunan mass rapid transit (MRT) jalur underground masih menunggu klarifikasi proposal dari calon kontraktor. Pengumuman itu sedianya diumumkan pada Kamis (11/10/2012) hari ini, akan tetapi terpaksa diundur sampai waktu yang belum ditentukan.

Kepala Biro Humas PT MRT Jakarta, Manpalagupta Sitorus mengatakan, saat ini evaluasi teknis dan harga telah selesai dilakukan. Namun, panitia masih perlu melakukan klarifikasi atas beberapa hal dalam proposal calon kontraktor. "Karena nilai proyek yang sangat besar dan kompleksitas pekerjaan, ditambah lagi dengan jenis kontrak yang relatif baru yaitu, design and build, jadi panitia harus cermat dan teliti dalam mereview proposal para calon kontraktor untuk mendapatkan hasil lelang yang maksimal dan sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan pembangunan," kata Gupta saat dihubungi, Kamis (11/10/2012).

Ia menegaskan, tertundanya pengumuman pemenang lelang ini tidak ada kaitannya dengan belum dilantiknya Gubernur DKI Jakarta terpilih periode 2012-2017, Joko Widodo. "Tidak ada hubungannya. Ini semua teknis proses pengadaan," ujarnya.

Dia memastikan target penyelesaian pembangunan fisik tetap pada akhir 2016. Pemprov DKI Jakarta beserta PT MRT terus berupaya melakukan terobosan-terobosan agar semuanya selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Gupta mengatakan, pada tahap awal baru tiga paket yang akan dikerjakan dengan nilai tender mencapai Rp 4,5 miliar.

Pembangunan MRT terdiri dari enam paket, yakni tiga paket layang atau elevated dan tiga paket underground. Dari keenam paket tersebut, yang sudah matang dan siap ke proses selanjutnya adalah pengerjaan paket underground.

Sebelumnya juga sudah diumumkan bahwa ada tiga nominator yang diprediksi akan memenangkan tender ini, yakni nominator pertama mengerjakan dua paket, yaitu Shimitzu sebagai pimpinannya dengan anggota Obayashi, Wijaya Karya, dan Jaya Konstruksi. Adapun untuk paket ketiga, nominatornya adalah konsorsium Sumitomo Mitsui Contrantion Company (SMCC) bersama Hutama Karya Join Operation. Pengumuman pemenang tender akan dilakukan pada medio September-Oktober 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com