Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2012, 14:28 WIB

KOMPAS.com - Kalau memang aktivitas harian tak bisa dikurangi, terutama pada ibu hamil yang punya jadwal kerja padat, temukan cara yang paling tepat agar semua aktivitas tersebut tak membuat kelelahan.

Meski kondisi kehamilan membuat ibu lebih mudah lelah, hindari kelelahan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Tingkatkan asupan protein dan zat besi
Jika bumil mengalami kelelahan, ini bisa jadi gejala anemia. Namun tak perlu khawatir, karena gejala ini bisa diatasi dengan memerhatikan pola makan. Pilih makanan seperti daging merah, unggas, seafood, sayuran hijau, sereal gandum kaya zat besi, dan kacang-kacangan.

2. Lebih sering istirahat
Ambil waktu istirahat singkat tapi sering.Jika Anda bekerja di balik meja, ambil beberapa menit untuk istirahat dengan jalan-jalan di sekitar ruangan atau lingkungan kantor. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyegarkan kembali tubuh dengan bersandar di tempat nyaman, luruskan kaki Anda, matikan lampu dalam ruangan tersebut, dan pejamkan mata.

3. Batasi aktivitas
Jika pekerjaan di kantor tak memungkinkan untuk dikurangi, batasi aktivitas di luar itu. Misal, alih-alih belanja ke mal, Anda bisa memanfaatkan berbagai situs belanja online. Bahkan supermarket pun sudah ada yang menyediakan belanja online kebutuhan rumah tangga. Serahkan sepenuhnya pekerjaan rumah tangga kepada asisten (PRT) di rumah.

4. Olahraga
Mungkin olahraga menjadi pilihan terakhir dalam daftar aktivitas Anda. Padahal aktivitas fisik bisa meningkatkan level energi. Apalagi bagi Anda yang bekerja di kantor, lebih banyak duduk dalam sehari. Usahakan untuk berjalan kaki dalam perjalanan pulang kerja, dengan jarak tertentu, atau ikuti kelas olahraga prenatal dengan konsultasi dokter tentunya.

5. Tidur lebih awal
Tidurlah lebih cepat, dan pastikan Anda cukup beristirahat 7-9 jam setiap malam. Tidurlah dengan posisi miring untuk melancarkan peredaran darah ke janin dan mencegah bumil muntah. Agar nyaman, letakkan bantal di antara kaki Anda dan di bawah perut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com