Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Garuda" Koreksi dan Berbenah Diri

Kompas.com - 21/11/2012, 06:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Piala AFF 2012 hanya tinggal empat hari lagi. Pelatih Indonesaia, Nil Maizar, mengakui masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi dari timnya jelang melawan Laos pada laga perdana babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Minggu (25/11/2012).

Secara individu, beberapa pemain sadar harus memperbaiki performanya. Skuad "Garuda" memang diisi wajah-wajah baru. Kebanyakan baru pertama kali merasakan tampil di turnamen bergengsi di Asia Tenggara. Penyerang timnas, Samsul Arif, mengaku masih bermasalah dengan kepercayaan diri ketika tampil di lapangan.

"Ini event pertamaku di AFF. Jadi, aku masih merasa demam panggung. Namun, aku akan berusaha keras mengatasinya. Kalau secara tim kita masih banyak kelemahan. Terutama kita sering mengikuti permainan lawan. Dengan sisa waktu yang ada, kami akan berusaha memperbaiki hal tersebut," aku pemain Persibo Bojonegoro tersebut kepada Kompas.com.

Vendry Moffu juga sadar betul harus segera memperbaiki diri mengingat perannya yang vital di lini tengah. Beberapa kali, Asisten Pelatih Fabio Oliveira mengoreksi gelandang Semen Padang tersebut agar bermain simpel dengan mengalirkan bola ke rekan yang berada di dekatnya, ketimbang melepaskan umpan-umpan panjang dalam sesi latihan terakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (20/11/2012) pagi.

"Aku akui masih suka kehilangan bola dan penempatan posisi kurang baik. Aku akan memperbaikinya," tuturnya.

Sementara gelandang lincah Oktovianus Maniani tak malu mengungkapkan kelemahan meskipun pemain asal Papua ini terbilang memiliki cukup banyak jam terbang internasional. Pemain yang pernah membela Sriwijaya FC itu beberapa kali diminta Fabio untuk cepat mengeksekusi sepak pojok dalam simulasi pertandingan kemarin.

"Aku harus mengasah lagi crossing. Terkadang suka lemah, selain penempatan posisi kurang," ujarnya.

Terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki individu-individu, penggawa "Garuda" memiliki motivasi yang sama yakni mengantarkan Indonesia meraih gelar juara. Okto menyatakan bahwa semua pemain yang didominasi pemain muda memiliki motivasi besar membuktikan bisa mencetak sejarah di Piala AFF.

"Bola itu bundar. Aku yakin kami bisa bersaing meski dilanda berbagi masalah," tegas Okto.

Senada dengan Okto, Moffu mengaku terpukau dengan semangat yang dimiliki rekan-rekannya. "Aku optimitis dengan peluang tim ini di sana. Bahkan, kami terlalu semangat membuktikan diri. Aku yakin tim ini bisa bersaing karena kami memiliki keunggulan seperti kekompakan, serangan balik yang bagus, dan pemain-pemain sayap yang cepat," ungkap Moffu.

"Kami sangat termotivasi. Apalagi hampir 90 persen pemain baru merasakan tampil di AFF. Jadi, motivasi tersendiri bagi mereka di AFF nanti," timpal Samsul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com