Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sarankan Bupati Garut Minta Maaf

Kompas.com - 04/12/2012, 02:17 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan sudah melakukan klarifikasi kepada Bupati Garut Aceng HM Fikri atas perbuatannya menikahi Fani Oktora, gadis berusia 19 tahun asal Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berdasarkan keterangan Heryawan, Aceng mengaku secara terang-terangan di hadapan Heryawan atas semua isu yang mencuat di publik dan Aceng membenarkannya.

"Tadi Bupati sudah mengaku bahwa yang mencuat di publik itu benar, Bupati telah menikahi gadis Fani Oktora secara siri selama empat hari, kemudian setelah itu langsung menceraikannya karena ketidakcocokan. Tidak tahu ketidakcocokannya karena apa, silakan ditanyakan langsung kepada orangnya," ujar Heryawan seusai melakukan klarifikasi kepada Aceng di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Bandung, Jawa Barat, Senin (3/12/2012) malam.

Kepada Heryawan, Aceng mengakui telah membuat perjanjian dengan Fani dengan menandatangani surat disertai materai bahwa mereka tidak akan memperpanjang kasus ini di hadapan publik. Aceng juga mengaku bahwa surat itu telah diperlihatkan secara langsung kepada para wartawan.

Setelah melakukan klarifikasi, Heryawan akan segera melaporkan hasil pertemuan itu kepada Menteri Dalam Negeri yang telah mengutusnya untuk mengklarifikasi hal tersebut. Heryawan mengatakan, segala bentuk sanksi terhadap Aceng merupakan wewenang Mendagri.

Sementara itu, Heryawan juga mengimbau kepada Aceng agar segera menyelesaikan kasus yang telah menjeratnya tersebut. Heryawan menyarankan agar Aceng meminta maaf kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya kepada korban dan keluarganya.

"Saya meminta beliau segera menyelesaikannya. Saya minta beliau meminta maaf kepada publik, terutama kepada korban dan keluarga korban. Saya juga meminta beliau agar jujur kepada masyarakat, jangan ada yang ditutup-tutupi, biar seluruh masyarakat juga tahu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com