Kompas.com - 31/12/2012, 17:34 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Anda dan keluarga tetap bisa traveling tanpa harus kebingungan dengan makanan bayi dan tetap bisa memastikan si kecil makan makanan rumahan demi kesehatannya. Dalam bukunya, MPASI Travelling Cihuy!, Dian Prima & Yudith Mangiri berbagi kiatnya untuk Anda.

Kalau perjalanan tidak jauh atau masih di dalam negeri, dan masih memungkinkan belanja bahan makanan di tempat menginap, sebaiknya Anda tetap memasak sesederhana mungkin. Akan tetapi, jika memang kondisinya darurat, misalkan perjalanan jauh, ke luar negeri, dan belum tahu apakah ada pasar swalayan atau pasar tradisional di sekitarnya, sebaiknya bawa makanan dalam kemasan.

Berikut beberapa hal yang juga penting Anda pastikan sebelum berangkat bepergian bersama bayi:
* Lama bepergian. Berapa lama Anda akan bepergian ada kaitannya dengan persediaan bahan makanan yang harus dibawa untuk si kecil.
* Lama perjalanan. Begitu pun dengan waktu/durasi perjalanan, ada hubungannya dengan jumlah makanan yang harus dibawa serta.
* Tempat menginap. Pilihan tempat menginap memengaruhi jenis perangkat yang harus dibawa untuk membuat MPASI.
* Ketersediaan alat pendingin. Pastikan apakah tempat menginap menyediakan lemari es atau tidak, ini berdampak pada bahan makanan yang harus Anda bawa untuk membuat MPASI.
* Alat elektronik. Sebaiknya pastikan apakah tempat menginap membolehkan Anda menggunakan alat elektronik atau memang menyediakan alat elektronik untuk membuat MPASI.
* Informasi tempat belanja makanan. Bekali diri dengan informasi yang akurat mengenai supermarket atau pasar terdekat dari tempat menginap untuk belanja bahan makanan segar.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X