Menakar Bumbu untuk Ayam Bakar

Kompas.com - 27/06/2013, 15:59 WIB
Pastikan Anda menakar bumbu ayam bakar dengan pas. LIFESAMBROSIAPastikan Anda menakar bumbu ayam bakar dengan pas.
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Sekarang  banyak dijual aneka ayam bakar yang tak pernah sepi pembeli, ada ayam bakar Solo, ayam bakar Lumajang, ayam Taliwang, dan sebagainya.

Kalau kita buat sendiri tentu kita bisa mengatur citarasanya sesuai selera kita. Tetapi sebelum membuat perlu diperhatikan beberapa hal berikut supaya hasilnya dapat maksimal.

Bumbu
Gunakan bumbu yang disesuaikan dengan berat ayamnya, sehingga bumbu dapat melumuri ayam dengan merata, dengan demikian rasanya pasti lebih lezat.

Ayam
Perhatikan ukuran ayamnya, jangan yang terlalu besar, karena bumbu akan sulit meresap ke dalam daging sehingga rasanya akan hambar. Untuk ayam bakar gunakan ayam dengan berat maksimal 300 gram atau cukup untuk 2 porsi saja. Memarkan ayam di persendiannya supaya bumbu lebih meresap atau bisa juga ditusuk-tusuk dengan tusuk satai.

Marinade
Yaitu merendam ayam dengan bumbu, jadi setelah bumbu diungkep, diamkan ayam selama 30 menit sampai 1 jam, supaya bumbu benar-benar meresap.

Membakar
Bakar ayam di atas bara api, jadi bukan di atas api yang berkobar, karena ayam akan menjadi hangus dan rasanya jadi pahit. Untuk pemula, lebih baik mengalasi ayam dengan daun pisang sehingga api tidak langsung mengenai ayam.

(Erwin Kuditawati/KlubNova)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X