Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Hamil

Kompas.com - 21/06/2014, 06:38 WIB
Ilustrasi kehamilan SHUTTERSTOCKIlustrasi kehamilan
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Perjalanan hidup si buah hati sebenarnya sudah dimulai sebelum dia terbentuk dalam rahim. Karenanya, miliki rahim yang sehat demi calon bayi yang juga sehat.

1. Mengurangi risiko kelahiran cacat
Risiko ini bisa diperkecil dengan memenuhi kebutuhan asam folat harian sebesar 400 mcg, yang dengan biasanya terkandung dalam multivitamin prakehamilan.

Asam folat yang dikonsumsi secara rutin sebelum hamil dapat membantu perkembangan janin sehat pada minggu-minggu awal kehamilan, misalnya pembentukan otak dan sumsum tulang belakang, dan memperkecil kemungkinan terjadi cacat serius.

Bicara soal obat-obatan dan vitamin, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai obat dan suplemen yang biasa Anda gunakan.

Selanjutnya, hentikan pemakaian obat-obatan yang dianggap dokter dapat mengganggu kehamilan, bahkan dapat menyebabkan cacat. Rokok dan alkohol juga tentunya harus Anda tinggalkan sekarang juga.

2. Mengoptimalkan perkembangan otak
Tahukah bahwa kualitas otak janin tergantung pada kondisi tiroid? Semakin optimal hormon tiroid Anda, semakin optimal pula perkembangan neuropsikologi bayi yang dikandung.

Intinya, sebelum hamil, Anda harus memastikan kondisi tiroid baik agar berfungsi dengan normal. Jika tidak, berarti Anda perlu segera mendapat perawatan.

Sebelum hamil, idealnya Anda menjalani tes prakehamilan terlebih dahulu. Tes ini membantu Anda mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya: Mana yang dalam kondisi baik, mana yang perlu mendapat perawatan lebih.  

3. Memperkecil risiko penyakit keturunan
Orangtua rentan menurunkan materi genetik penyakit pada bayi yang dikandung. Inilah yang sering disebut penyakit keturunan.

Kelebihan berat badan saat hamil adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit turunan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X