Olahraga Punya Efek Bikin Bahagia

Kompas.com - 21/09/2014, 11:31 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
– Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda. Lebih dari itu, olahraga juga bisa membuat perasaan seseorang menjadi bahagia.

Peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa dengan berolahraga hanya 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Berolahraga bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang ketika dalam suasana hati yang buruk.

Namun, umumnya olahraga tak dimanfaatkan seseorang untuk mengobati suasana hatinya mereka. Kebanyakan olahraga dijalani ketika tidak sedang merasa sangat senang maupun sedih. Saat sedih, biasanya orang justru melakukan kegiatan yang tidak sehat, seperti merokok, makan berlebihan, atau minum alkohol.

Orang yang aktif melakukan latihan fisik, merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa? Karena berolahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak Anda. Kemudian, olahraga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh. Olahraga terbukti sebagai obat untuk mengatasi depresi dan rasa cemas.

Seseorang yang berolahraga 30-60 menit tiga atau lima hari dalam seminggu akan memiliki jiwa yang sehat berdasarkan penelitian US Departement of Health and Human Services. Peneliti menunjukkan, berjalan jarak dekat sekalipun bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Happify, sebuah situs yang bertujuan membantu seseorang menciptakan kebahagiaan melalui kegiatan berbasis ilmu pengetahuan dan permainan, memberikan kiat bagaimana membuat olahraga atau latihan fisik Anda menjadi lebih menyenangkan sehingga membuat bahagia.

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan bisa membuat kita merasa lebih baik. Latihan kekuatan seperti mengangkat beban bisa mengurangi depresi, rasa cemas, dan membuat diri Anda merasa lebih berharga. Studi dari Universitas Rutgers menyatakan bahwa latihan kekuatan yang cukup bisa membuat seseorang lebih merasa senang dibanding intensitas kurang atau terlalu sering latihan angkat besi.

Olahraga di ruang terbuka

Kombinasikan olahraga di dalam dan di ruang terbuka. Hal ini bisa mengurangi tensi tinggi, marah, dan depresi. Anda juga akan lebih bergairah kembali dalam hidup, dan lebih energik . Anda bisa berjalan kaki, berenang di kolam terbuka, bersepeda, dan yoga di taman maupun pilates. Pastikan juga Anda hanya ingin berolahraga bukan berkompetisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X