Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2015, 11:45 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Produk asuransi berfungsi untuk melindungi seseorang dari risiko yang kemungkinan terjadi di masa mendatang. Risiko tersebut beragam, mulai dari penyakit, kecelakaan, hingga rusaknya harta benda maupun aset berharga akibat musibah.

Menurut Boyke Andreas, HR & GA Division Head PT Asuransi Jiwa Recapital, kaum wanita pun sangat disarankan untuk memiliki produk asuransi. Sebab, kaum wanita cenderung memiliki risiko  lebih tinggi ketimbang pria.

"Kalau kita bicara tentang wanita, kekhawatirannya banyak. Kadang-kadang dia harus melahirkan, punya anak, kekhawatirannya lebih banyak dibandingkan laki-laki," ujar Boyke kepada Kompas Female di sela-sela acara Feminite di Senayan Golf Driving Range, Selasa (28/4/2015) lalu.

Boyke menjelaskan, ada beberapa penyakit kronis yang siap mengintai wanita, seperti kanker payudara, kanker serviks, hingga komplikasi setelah proses melahirkan. "Untuk wanita muda dan aktif, risiko kanker serviks lebih rentan terjadi, salah satu akibatnya adalah karena sering menggunakan toilet umum," imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya menghadirkan beberapa produk asuransi yang khusus wanita bernama Relife Lady Primelink, sebuah program yang hadir untuk melindungi wanita dari risiko penyakit kritis, seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, hingga lupus eritematosus sistemik.

Tidak hanya itu, produk ini juga dapat dipadukan dengan instrumen investasi. Dengan demikian, ada keleluasaan atas dana yang diinvestasikan agar memperoleh hasil investasi maksimal. Sebab, pengelolaan dilakukan secara profesional oleh manajer investasi.

"Produk unitlink sebagian besar didominasi perempuan pekerja. Ibu rumah tangga lebih banyak ambil rancangan kesehatan. Namun, tak jarang juga perempuan yang berkarier mengambil plan kesehatan sekaligus investasi. Besarnya tergantung premi yang mereka bayarkan, tergantung kemampuan. Ada yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali, enam bulanan, atau per tahun," papar Boyke.

Menurut Boyke, wanita Indonesia kini lebih sadar tentang pentingnya asuransi. Ini terlihat dari peningkatan persentase nasabah pemegang polis yang meningkat dari 30 persen pada tahun 2014 menjadi 40 persen. Diharapkan, terjadi peningkatan yang lebih signifikan hingga akhir kuartal IV tahun 2015.

"Sebagian wanita Indonesia sudah cukup sadar, karena banyak yang mengalami kejadian seperti tadi. Penyakit kanker serviks atau kanker payudara juga sudah lama hadir, tapi kami tidak tahu kenapa belakangan banyak bermunculan lagi. Mungkin karena  pengaruhgaya hidup, pola makan, dan tingkat stres yang meninggi," ungkap Boyke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com