Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main "Tetris" Mampu Turunkan Gairah Bercinta

Kompas.com - 23/08/2015, 21:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Coba Anda ingat-ingat, hal apa sebenarnya yang mampu membunuh gairah bercinta dengan pasangan? Stres, lelah, dan suasana hati yang sedang tidak baik biasanya merupakan hal umum yang mengurangi gairah bercinta. Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa sebuah permainan gadget klasik ternyata mampu mempengaruhi gairah bercinta Anda.

Studi teranyar yang digelar para psikolog dari Plymouth University, Inggris dan Queensland University of Technology, Australia menemukan bahwa menghabiskan waktu tiga menit bermain permainan video game "jadul" bernama Tetris dapat meredupkan gairah seks. Tidak hanya itu, permainan ini juga melemahkan keinginan Anda untuk merokok, mengudap, menyesap kopi, hingga tidur.

Untuk meneliti, para psikolog meminta 31 orang mahasiswa berusia 18 sampai 27 tahun untuk setiap hari melaporkan kepada mereka apabila menginginkan hal-hal yang tersebut di atas. Selain itu, 15 orang di antaranya diminta bermain Tetris selama tiga menit sebelum melaporkan keinginan tersebut kepada para psikolog guna mengetahui apa yang terjadi setelahnya.

Hasilnya, para psikolog menemukan bahwa bermain Tetris terbukti menurunkan gairah dan keinginan akan bercinta, merokok, mengudap, minum kopi, mengonsumsi obat-obatan, hingga tidur. Penurunan gairah ini terjadi dari 70 persen menjadi 56 persen dan efeknya tidak berkurang.

Meskipun studi ini merupakan studi kecil, namun kesimpulannya pun dapat dipertimbangkan. Nah, bagaimana sebenarnya penjelasan akan temuan ini? Jackie Andrade, profesor dari School of Psychology fan Cignition Institute di Plymouth University menyatakan bahwa permainan Tetris begitu sukses menurunkan gairah karena sifat permainan itu sendiri.

Andrade menjelaskan, ketika bermain Tetris, pikiran dan perhatian Anda sepenuhnya akan tertuju kepada permainan tersebut. "Rasanya sangat sulit untuk membayangkan hal-hal lain yang dan bermain Tetris pada saat yang bersamaan," imbuh Andrade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com