Tinggal "Klik", Dapur Tampak Bersih, Sehat dan Cantik!

Kompas.com - 29/09/2015, 07:11 WIB
Dapur berukuran relatif kecil bukan masalah. Dapur bisa efektif bila penggunanya tahu cara memanfaatkan ruang yang terbatas tersebut. Iconify / Coco CozyDapur berukuran relatif kecil bukan masalah. Dapur bisa efektif bila penggunanya tahu cara memanfaatkan ruang yang terbatas tersebut.
|
EditorLatief

KOMPAS.com Dapur merupakan tempat meramu segala macam masakan yang akan dikonsumsi. Untuk itulah, kebersihan dan kerapihannya merupakan hal penting diutamakan. Dapur bersih mencirikan pemiliknya sehat, begitu juga sebaliknya.

Namun, lokasi dapur yang biasanya terletak di bagian belakang rumah kerap menjadikannya kurang mendapatperhatian. Tak perlu menata ulang, cara sederhana berikut ini dapat membuat dapur Anda terlihat bersih dan sehat.

 
Buat sirkulasi udara

Tak hanya kebersihan perkakas, Anda pun perlu memperhatikan kebersihan udara di dapur. Kegiatan memasak di dapur setiap hari menjadikannya selalu dipenuhi asap.

Untuk itulah, kebanyakan dapur memililiki jendela agar sirkulasi udaranya baik. Sebaliknya, jika tidak memiliki jendela, Anda bisa memasang cooker hood agar asap pembakaran dari kompor terhisap dan udara dapur kembali segar. Dengan sirkulasi udara yang berganti, bau masakan sebelumnya pun tidak akan mengendap diruangan sama secara terus-menerus.

 
Atur tata letak

Banyak orang memaksa masuk barang tanpa memperhatikan keterbatasan ruang dapur. Tak bisa dimungkiri, keinginan melengkapi kebutuhan dapur menjadi pemicunya. Hasilnya, barang ditumpuk begitu saja.

Sebenarnya, Anda bisa mengatasinya dengan mengatur ulang tata letak dapur. Cara praktisnya, kelompokkan saja barang sesuai kegunaannya. Misalnya, peralatan masak seperti panci, penggorengan, pisau dapur dan talenan diletakkan pada satu tempat atau wadah. Dengan begitu, dapur terlihat lebih longgar dan rapi.

 
Jaga kebersihan

Karena digunakan setiap hari, dapur harus dibersihkan secara rutin. Biasakan untuk membersihkan peralatan masak, peralatan makan dan dapur setelah memakainya.

Selain itu, satu hal yang tak boleh luput, Anda juga perlu membersihkan tempat penyimpanan bahan makanan, misalnya kulkas atau lemari makanan, secara berkala agar tetap higienis. 
 
Ketahui kebutuhan Anda

Biasanya, setelah mengatur ulang dan membersihkan semua perlengkapan memasak, Anda akan melihat banyak barang yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah lagi digunakan. Daripada memenuhi ruangan, ada baiknya Anda memberikannya kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

 
Sebagai pilihan, Anda juga bisa mengganti barang-barang lama yang tak berfungsi dengan barang baru. Cara ini tidak perlu memakan waktu berbelanja, karena Anda juga bisa melihat katalog barang-barang dapur di situs belanja online. Salah satunya di Bukalapak.com.
 
Di situs ini Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan dapurmulai peralatan hingga bahan-bahan dapur. Anda tak perlu lagi repot pergi ke pasar, karena berbelanja online membuatnya lebih efisien dan praktis. Dengan demikian, aktivitas mempercantik dapur Anda akan lebih menyenangkan.

Selamat datang dapur cantik!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X