Trik Membuat Rumah Terlihat Bersih seperti Baru

Kompas.com - 11/01/2017, 07:05 WIB
Ilustrasi dapur thinkstock/chefmdIlustrasi dapur
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com- Tahun baru identik dengan segala sesuatu yang baru, salah satunya tampilan rumah. Tenang, tak selalu perlu membeli furnitur baru atau melakukan renovasi besar-besaran untuk mendapat kesan rumah baru.

Beberapa trik sederhana bisa dilakukan untuk keperluan itu, mulai dari menutupi noda lama hingga tuntas membersihkan sudut dan perkakas rumah.

Noda-noda di dinding atau cat mengelupas, merupakan bagian paling kentara yang kerap membuat rumah terlihat kusam. Paparan udara dan aktivitas harian penghuni rumah pun sangat mungkin meninggalkan noda dan bekas pada dinding.

Meskipun terkesan sederhana, menutupi bagian rumah yang sudah terlihat kotor akan efektif memberi kesan baru. Trik ini juga tidak membutuhkan biaya terlalu besar. Cukup cat ulang saja dinding yang sudah kusam atau ternoda.

Penulis tentang desain interior Devin Alessio, menyebutkan, tren warna cat pada 2017 akan mengacu dan menggambarkan personalitas penghuni bangunan. Sembilan ruangan utama, sebut dia, akan menentukan inspirasi yang hendak dimunculkan dari pilihan warna tersebut.

"(Yaitu pilihan warna) percaya diri, tenang, dan nyaman," ujar Alessio, dalam artikelnya di situs web Elle Decor pada Rabu (28/12/2016).

Selain cat, bisa dicoba juga wallpaper untuk mengganti suasana sekaligus menutupi noda lama pada dinding. Cara pasangnya bergantung dengan posisi dan besar area yang kusam.

Jika noda terlalu besar dan banyak, pasang wallpaper secara memanjang hingga menutupi hampir seluruh bagian dinding.

Lalu, jangan lupa juga untuk sesuaikan warna dinding dan fungsi ruangan dengan motif wallpaper. Jika hanya noda kecil, variasikan dinding dengan stiker bergambar, sesuaikan dengan tempat.

Motif bunga, misalnya, dapat dipasang di dinding ruang tamu sedangkan gambar makanan lebih cocok ditempel di dinding dapur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X