Kompas.com - 18/02/2017, 20:04 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Setelah melalui proses yang lama untuk berpisah dengan pasangan, mungkin Anda merasa sudah saatnya untuk membuka lembaran baru dengan orang yang baru.

Namun, Anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mulai berkencan dengan orang yang baru.

Beri waktu untuk diri Anda sendiri

Anda sudah terbiasa dengan kehidupan menikah dan memiliki pasangan, lalu semuanya berubah. Wajar saja bila Anda merasa segalanya mengerikan bila sendirian.

Namun, coba ambil waktu yang cukup untuk membiasakan diri Anda dengan keadaan ini dan menemukan kembali jati diri ketika tidak bersama orang lain, kata seorang pelatih kencan dan pemberdayaan, Laurel House.

Hal ini karena pada saat menikah, seorang indivudi terkadang tidak menjadi dirinya sendiri.

Pastikan Anda sudah melupakan mantan pasangan

Sebelum memulai hubungan yang baru, pastikan Anda sudah melupakan mantan pasangan. Sediakan waktu untuk bersedih dan akhirnya sembuh dari luka itu, kata seorang terapis pernikahan dan keluarga, Kate Campbell, PhD.

Kalau Anda masih emosi setiap kali mendengar namanya atau melihat update mantan di Facebook, artinya Anda belum siap untuk memulai hubungan yang baru.

Cari tahu apa yang Anda inginkan dari hubungan yang baru

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X