Kompas.com - 13/04/2017, 18:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Melihat wanita menangis ketika mendengarkan lagu atau menonton film yang sedih adalah sesuatu yang lumrah. Namun, kebanyakan pria dididik untuk tidak meneteskan air mata, bahkan saat diperlakukan tidak adil sekalipun.

Padahal, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Scientific Reports mengungkapkan bahwa menangis, tepatnya saat sedang mendengarkan lagu sedih, membuat orang yang melakukannya lebih bahagia.

Peneliti pun telah melakukan survei singkat untuk menilai reaksi partisipan terhadap musik, yaitu seberapa sering mereka mendengarkan musik dan merasa merinding atau ingin menangis.

Hasilnya, peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu orang yang hanya merinding dan yang meneteskan air mata saat mendengarkan musik.

Setiap orang kemudian diharuskan untuk mendengarkan enam lagu yang dipilih para peneliti untuk menciptakan respon emosional sambil dipasangi pengukur detak jantung.

Ketika mereka sudah terbawa oleh suasana musik dan meneteskan air mata, maka partisipan harus menekan tombol yang disediakan. Partisipan juga harus menggerakan kursor di layar sebanyak perasaan bahagia yang mereka rasakan.

Dari penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang merinding dan menangis cenderung menarik napas dalam-dalam dan mengalami suasana hati yang lebih senang atau lega.

Artinya, Anda dapat mengurangi kesedihan hanya dengan menangis saat mendengarkan musik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.