Kompas.com - 08/05/2017, 15:57 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Tidak seperti jaman dahulu di mana satu sepatu biasa dipakai untuk berbagai jenis olahraga dan medan, kini sepatu-sepatu telah dipilah-pilah jenisnya untuk penggunaan berbeda. Sepatu lari misalnya, berbeda bentuk dan desainnya dengan sepatu basket atau tenis.

Bahkan untuk olahraga yang sama, seperti lari, sepatu masih dibedakan berdasar medannya. Medan berbatu (trail run) tentu beda sepatunya dengan medan aspal atau tread mill. Perbedaan itu diyakini akan memberi tingkat kenyamanan dan performa berbeda.

Karena pertimbangan seperti itu, Adidas memperkenalkan sepatu barunya yang lebih cocok digunakan untuk menjelajahi jalanan kota, alias aspal atau permukaan beton. Sepatu dengan seri PureBOOST DPR memiliki offset 8mm pada bagian tumit hingga ujung kaki dan dilengkapi bantalan busa BOOST yang berfungsi untuk memberi tolakan energi lebih besar saat pelari menjejakkan kakinya ke aspal.

Salah satu yang dijanjikan sepatu ini untuk pemakainya adalah kelenturan yang membuat seorang pelari menjadi lebih gesit untuk menghadapi lalu lintas, mendahului lampu jalanan, dan menghindari pejalan kaki.

Stephan Schneider, product manager Adidas Global Running dalam siaran pers Senin (8/5/2017) mengatakan: “Di seluruh dunia, banyak sekali pelari yang berlari dengan menjelajahi kota. Kami ingin membuat sesuatu yang dirancang khusus untuk tipe pelari tersebut. Hal ini menuntun kami untuk merancang offset 8mm pada bagian tumit hingga ujung kaki, yang jika dipadankan dengan teknologi Boost memungkinkan kaki untuk menapak lebih rendah, lebih dalam, dan lebih dekat ke jalanan. "

adidas Adidas PureBOOST DPR
PureBOOST DPR dilengkapi bahan rajut yang melingkar pada bagian atas untuk membungkus kaki dari bagian tengah hingga luar. Desain yang banyak dipakai pada sepatu-sepatu lari baru ini dimaksudkan untuk memberi kenyamanan bagi pemakainya.

Selain itu, bagian depan kaki juga dibuat lebih lebar agar menjadi alas yang lebih stabil saat pelari bermanuver di jalanan kota yang penuh tikungan. Sementara sol bawah berbentuk jaring untuk menambah tolakan energi dan cengkeraman ke aspal atau trotoir.

Sepatu ini akan mulai dipasarkan tanggal 18 Mei 2017 seharga Rp 2.499.000 di toko-toko adidas terpilih di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Jogja dan Bali serta situs online resmi adidas Indonesia.

Baca: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.