Kompas.com - 31/05/2017, 07:13 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Dunia kedokteran estetika menawarkan beragam pilihan untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit. Saat ini yang sedang booming adalah tanam benang dan suntik filler.

Kedua prosedur tersebut termasuk dalam tindakan non-invasif (tanpa operasi). Prosedur seperti tanam benang dan suntik filler sangat populer karena bisa dilakukan di ruang klinik dokter dan hasilnya tidak permanen seperti halnya bedah plastik.

Meski sama-sama bertujuan untuk memperbaiki tampilan kulit yang mulai kendur, namun tanam benang (thread lift) dan suntik filler berbeda.

Dijelaskan oleh Dr.Wolfgang Redka-Swoboda, Direktur Medis dari Teoxane Laboratory, perusahaan medis pembuat filler, suntikan filler bekerja untuk memberikan volume pada bagian wajah yang kadar kolagennya berkurang seiring usia.

"Sementara itu tanam benang akan mengencangkan dan menaikkan kulit yang kendur dengan cara mengembalikan lemak pipi ke posisinya semula," kata Redka-Swoboda dalam acara temu media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tanam benang dilakukan dengan menanamkan benang ke dalam jaringan di sekitar kulit. Benang biasanya terbuat dari polypropilene. Sedangkan filler dilakukan dengan memasukkan asam hialuronat ke jaringan kulit melalui suntikan.

"Filler bisa diumpakan seperti implan, sedangkan tanam benang seperti efek push-up bra pada payudara," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, suntik filler tidak bisa memberi efek mendorong bagian kulit ke atas, hanya memberi volume.

"Namun suntik filler bisa memberi sedikit efek mendorong naik kulit kendur. Tapi, tindakan ini bisa dikombinasikan dengan tanam benang atau suntik botox, tergantung pada kebutuhan," paparnya.

Selain mengangkat kembali wajah yang mulai kendur, tanam benang dan suntik filler juga bisa membantu meniruskan pipi, mengurangi kerut, memancungkan hidung, hingga menyamarkan kerutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.