Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Papan Skateboard - Kompas.com

Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Papan Skateboard

Kompas.com - 05/06/2017, 10:04 WIB
yuran-78 Papan skateboard

JAKARTA, KOMPAS.com - Kultur skateboarding di Indonesia, terutama Jakarta, sudah tidak malu-malu lagi untuk mengukuhkan eksistensinya. Seiring dengan semakin banyaknya skatepark yang dibangun di beberapa area di Jakarta, termasuk Kalijodo, berbagai event yang menjadikan skateboarding sebagai acara utama di dalamnya pun makin sering digelar.  

Meski begitu, masih banyak orang yang ingin ikut bermain skateboard, namun masih belum tahu bagaimana memulainya. Bahkan beberapa orang tidak mengetahui papan skateboard atau deck yang tepat untuknya. Apa saja jenisnya? Dan apa bedanya?

Menurut Stevanus Anton, pemilik brand Solitude Skateboards, umumya ada 3 jenis papan yang biasa dipakai untuk skateboarding.

Ada yang namanya papan popsicle, biasa dipakai di street (jalanan) atau skatepark. Papan ini memiliki ujung (nose dan tail) berbentuk bulat (rounded). Papan ini juga biasanya dipakai untuk  melakukan trik-trik meloncat (ollie) atau flip trick. Ukuran papan ini biasanya antara 7,5 sampai dengan 8,5 inci.         

moodboard bermain skateboard di skatepark
Selain itu, ada lagi papan park/bowl yang sering digunakan saat bermain skateboard pada permukaan transisi, seperti bowl (arena bermain skateboard berbentuk mangkuk) atau pool (arena bermain skateboard berbentuk seperti kolam renang), ramps (arena bermain skateboard berbentuk setengah pipa berukuran besar) serta vert ramps (arena bermain skateboard berbentuk  menyerupai setengah pipa namun dengan bagian pinggir yang tinggi dan horizontal).

“Untuk tempat-tempat tersebut biasanya menggunakan papan dengan ukuran yang lebih besar, misalnya antara 8,25 hingga 9,0 inci,” ujar Anton, Minggu (4/6/2017). "Permainan di sini lebih mengutamakan kenyamanan lebar papan dengan telapak kaki yang cenderung sama atau bahkan lebih lebar karena permainan ini jarang menggunakan trik yang dilakukan saat bermain street, seperti flip trick."

Sementara longboard lebih sering digunakan di jalanan beraspal. Berbeda dengan street atau   park dimana orang biasanya melakukan trik-trik skateboard, longboard umumnya hanya dipakai untuk cruising atau saat menyusuri jalanan. Makanya banyak juga yang menggunakan longboard sebagai alternatif transportasi.  

Pendek kata, papan yang lebih lebar biasanya lebih stabil sehingga pemakai lebih mudah menggunakannya meluncur di jalan miring atau rata. Sementara papan yang kecil lebih mudah dikendalikan sehingga cocok untuk bermanuver.

Yang harus diperhatikan

Setelah mengetahui jenis-jenis permainan dengan deck yang berbeda, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana memilih papan yang bagus? Apa yang harus diperhatikan saat memilih deck skateboard?         

Menurut Anton, papan skateboard terbuat dari beberapa lapis kayu yang dilem lalu di-press menjadi satu. Jenis kayu yang baik digunakan adalah kayu maple. “Kayu maple merupakan jenis kayu yang tahan empat musim. Daya tahannya baik dan tidak terlalu berat,” ujar Anton.       

jacoblund Meluncur menggunakan longboard
Ukuran papan biasanya disesuaikan dengan ukuran kaki dan besar tubuh si skateboarder. “Misalnya kalau ukuran sepatunya 40, maka ukuran papan yang cocok untuk dia adalah ukuran antara 7,5-7,8 atau 8,0 inci,” katanya.            

Berikut penjelasan memilih ukuran skateboard deck yang disesuaikan dengan ukuran sepatu:

Ukuran sepatu 40:  Ukuran deck antara 7,5-7,8  atau 8,0 inci.

Ukuran sepatu 41: Ukuran deck antara 7,75-8,0 inci.

Ukuran sepatu 42: Ukuran deck antara 7,8-8,1 inci.

Ukuran sepatu 43: Ukuran deck antara 8,0-8,25 inci.

Brothers_Art Papan skateboard
Tapi tergantung juga dengan tipe permainan skateboard-nya. Untuk street cenderung menggunakan papan berukuran kecil antara 7,5-8,25 inci, karena lebih mudah untuk melakukan flip trick.

Sedangkan untuk permainan transisi, seperti di bowl atau pool, biasanya cenderung menggunakan papan berukuran besar antara 8,25-9,0 inci karena permainan lebih mengutamakan kenyamanan kaki pada papan saat bermain di area transisi, seperti di bowl.

Deck skateboard juga memiliki penyangga antara papan dan roda. Bagian yang disebut truck ini memiliki suspensi yang berfungsi sebagai bantalan untuk membelok. Suspensi yang keras umumnya menjadikan papan lebih stabil.

Ukuran truck juga mempengaruhi kemudahan papan dikendarai. Papan dengan lebar truck pendek lebih sulit dikendarai, sementara bila terlalu panjang membuat papan sulit berbelok. Dari sisi ketinggian, truck tinggi cocok dipasangkan dengan roda besar, sementara truck rendah lebih stabil saat meluncur.

Bagaimana dengan rodanya? Biasanya papan jenis street memiliki ukuran roda antara 49 mm dan 54 mm. Bila permainan di lakukan di skatepark, roda yang dipakai bisa lebih besar, begitu juga pada longboards yang memakai roda 65 mm hingga 70 mm. Pasalnya, makin besar roda, semakin cepat pula skateboard meluncur. Dari segi kekerasan, roda yang empuk akan lebih menapak di permukaan, sedangkan roda yang keras lebih cepat melaju.

solitude Papan skateboard solitudewhite peacock
Bagi pemula, untuk mencari tahu ukuran dan karakter papan yang cocok bisa dengan meminjam papan milik teman atau skateboarder lain. Bila sudah sering main, kebutuhan akan jenis atau karakter papan nanti akan muncul dengan sendirinya.

“Kalau sudah tahu, bisa mulai hunting papan skateboard termasuk buatan brand lokal yang sudah banyak dijumpai di toko-toko skateboard. Selain harganya lebih terjangkau, kualitasnya tidak kalah dengan brand luar,” kata Anton.

Anton sendiri melalui brand Solitude Skateboards, baru saja meluncurkan seri papan terbarunya,WhitePeacock, yang menampilkan ilustrasi karya seniman/ilustrator,Harsetmo.

Berbeda dengan seri papan Solitude Skateboards sebelumnya, papan seri White Peacock ini diproduksi di Amerika menggunakan kayu hard maple Wisconsin.


PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata


Close Ads X