Kompas.com - 24/07/2017, 21:13 WIB
Ilustrasi anak bermain ponsel stigmatizeIlustrasi anak bermain ponsel
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Era serba teknologi ini kerap membuat anak tak mau lepas dari gadgetnya. Seolah tak mengenal waktu, anak-anak lebih sering tenggelam pada layar smartphone dibanding bermain di luar bersama teman-temannya.

Memang tak semua yang ada di dalam gadget bersifat negatif, ada juga yang justru memberikan pelajaran dan pengetahuan pada anak. Misalnya menghafal lagu-lagu daerah, belajar mengenal bahasa asing dan sebagainya.

Namun, menurut psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi, tetap harus ada pengertian yang ditanamkan pada anak bahwa bermain gadget ada aturan mainnya. Jangan sampai anak seolah asyik sendiri dengan gadgetnya dan kurang melakukan aktivitas sosial.

"Berikan pemahaman kepada anak bahwa bermain gadget ada batasan waktunya," kata pria yang akrab disapa Kak Seto ini.

Kak Seto yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia menuturkan, ketika orang tua memutuskan untuk memberikan gadget pada anak, maka orang tua juga harus memiliki komitmen soal aturan jadwal memainkannya.

Baca: Memberi Anak Ponsel Sama dengan Memberinya Kokain

Orang tua harus memberi pengertian bahwa ada waktu-waktu tertentu dalam penggunaan gadget. Misal, gadget hanya diberikan selama beberapa menit setelah anak selesai menyelesaikan tugas sekolahnya. Atau berikan anak gadget ketika ia membutuhkan informasi yang ingin diketahuinya melalui internet, tentunya dengan pengawasan dari orang tua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Main gadget harus ada aturannya, jangan sampai kebablasan, orang tua harus mengawasinya juga," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.