Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2017, 08:50 WIB
Wisnubrata

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com  – Pasar tiban adalah pasar yang mendadak muncul saat ada suatu keramaian, entah karena hajatan, perayaan, atau pesta. Pasar yang umumnya digelar di jalan ini adalah fenomena yang lazim terjadi di Indonesia.

Nah, menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2017 yang ke-72 ini, pasar tiban juga bermunculan. Namun ada yang menarik di pasar yang satu ini, ia tidak diadakan di jalanan, tapi di dalam mal.

“Pasar Tiban-Anne Avantie” yang mengusung tema ‘Toejoeh Belasan’ lengkap dengan dekorasi suasana perayaan Hari Kemerdekaan termasuk tiang panjat pinang, dibuka di mal Aeon BSD City. Selain penjualan batik, dalam pasar tiban ini ada rangkaian peragaan busana dengan berbagai kegiatan khas Hari Kemerdekaan akan berlangsung mulai tanggal 11 hingga 20 Agustus 2017.

“Karena Aeon Mal adalah mall dari Jepang, jadi ada beberapa improvisasi koleksi yang saya rancang khusus untuk acara ini yaitu perpaduan antara Kimono dan Batik,” ujar perancang Anne Avantie dalam pembukaan pasar tersebut di Serpong, Jumat (11/8/2017).

Pasar Tiban di Aeon Mal BSDKompas.com/Wisnubrata Pasar Tiban di Aeon Mal BSD
Para pengunjung juga dapat menemukan berbagai koleksi batik di area pameran yang diadakan di Main Atrium dan East Atrium Aeon Mal. Selain itu, berbagai jajanan pasar dapat ditemukan di area Angkringan yang ada di East Atrium.

Dalam acara Pasar Tiban Toejoeh Belasan ini pengunjung dapat membeli berbagai kain batik, baju batik dan kebaya ready to wear yang sudah dikurasi oleh Team dari Anne Avantie dengan kisaran harga mulai Rp 100.000. 

Selain rancangan baju, dalam rangkaian Pasar Tiban ini, akan hadir sederet artis untuk memeriahkan acara seperti Indra Bekti, Melanie Ricardo, Bunga Djelita Ibrani (Putri Indonesia 2017), Kevin Liliana (first runner up Puteri Indonesia 2017), Karina Nadila (second runner up Puteri Indonesia 2017), Dea Goesti Rizkita (third runner up Puteri Indonesia 2017), Kezia Waraouw (Putri Indonesia 2016 dan Top 13 Miss Universe 2016) dan Intan Aletrino (second runner up Puteri Indonesia 2016).

Pasar Tiban di Aeon Mal BSDKompas.com/Wisnubrata Pasar Tiban di Aeon Mal BSD
Alphonzus Widjaja Director PT. AMSL Indonesia menyatakan, “Ini adalah salah satu bentuk dukungan kami terhadap para UKM dan pelaku industri kreatif Indonesia. Kami berharap pasar ini dapat menjadi alternatif acara yang menarik, dimana pengunjung dapat menikmati suasana Toejoeh Belasan di kampung.” 

Dalam kesempatran itu, Anne Avantie juga memperkenalkan lapak jualan online para UKM di bawah bendera anneavantiemall.com. Lapak ini akan menjadi tempat berkumpulnya para UKM dan pelaku industri kreatif yang selama ini banyak mengalami kesulitan dan kendala dalam memasarkan produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com