Kompas.com - 23/08/2017, 09:17 WIB
Konferensi pers pencarian kandidat wajah paling proporsional. Dok MerzKonferensi pers pencarian kandidat wajah paling proporsional.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Merz Aesthetics, perusahaan penyedia perawatan estetika nonbedah, melakukan pencarian wajah paling proporsional di Indonesia dan Asia. Pencarian kandidat ini sudah dimulai sejak Juli 2017 sampai 30 September 2017.

Ajang MAAT Golden Ratio Search diklaim sebagai yang pertama di Asia. Selain Indonesia, pencarian ini dilakukan di 9 negara Asia, yaitu Hongkong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Dijelaskan oleh dr.Adri Dwi Prasetyo Sp.KK, MAAT Golden Ratio menggunakan model dan rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah.

Golden ratio bisa juga diartikan sebagai rasio panjang dan lebar wajah, proporsi horizontal wajah dan simetri wajah.

"Golden rasio bisa kita lihat dari wajah para aktor dan aktris. Secara universal, orang dari Afrika sampai Asia akan melihat mereka cantik. Ini karena di otak setiap manusia sudah ada program matematis tentang golden ratio," katanya dalam acara konferensi pers di Jakarta (22/8/2017).

Adri menambahkan, kandidat yang dipilih bukan berarti harus memiliki wajah simetris. "Kami bukan mencari yang sempurna atau seragam, tapi memenuhi kaidah matematika untuk wajah proporsional," katanya.

Menurut Ricardo Manoloto, General Manager Merz Indonesia, pencarian the golden ratio ini menunjukkan bahwa wajah proporsional tidak memandang suku atau batas geografis.

"Ini bukan ajang kecantikan. Ajang pencarian ini untuk mencari pedoman perawatan kecantikan yang sesuai dengan proporsi wajah seseorang," kata Ricardo.

Kandidat yang terpilih akan menjadi pedoman untuk memberi pemahaman pada wanita tentang proporsi dan daya tarik wajah.

Peserta dalam ajang MAAT Golden Ratio Search ini terbuka untuk wanita berusia di atas 21 tahun yang berdomisili di Indonesia. Syarat yang harus dipenuhi adalah belum pernah melakukan operasi plastik atau tindakan estetika nonbedah di tahun 2017.

Peserta bisa mengunggah foto diri ke www.goldenratiosearch.com. Foto yang dikirimkan juga tidak boleh diedit secara digital.

Kandidat yang terpilih dengan wajah paling proporsional akan berkumpul bersama kandidat dari 9 negara lain dalam acara 38 Annual Meeting of the International Society for Dermatology Surgery (ISDS) di Bangkok, Thailand, pada bulan November 2017.

Kandidat yang terpilih mewakili Indonesia akan mendapatkan uang saku sebesar 3000 USD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.