Kompas.com - 29/08/2017, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ternyata ada alasan ilmiah mengapa saat kita menikmati secangkir kopi, apalagi yang pahit, kita akan mencari camilan manis. Pisang goreng, sepotong cake, atau jajanan pasar yang serba manis, merupakan teman yang tepat saat ngopi.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Cornell dan dipubikasikan di Journal of Food Science, kafein memicu kita untuk mengonsumsi sesuatu yang manis.

Itu sebabnya, siapa pun yang menurunkan berat badan tapi selalu gagal mungkin bisa berhasil dengan berhenti minum kopi.

Efek kafein yang tak terduga itu diungkap dari studi analisa 170 relawan yang secara acak dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok diberikan kopi bebas kafein dengan tambahan 200 miligram kafein agar rasanya lebih kuat. Kelompok lain diberikan kopi bebas kafein dengan suplemen untuk memberikan tingkat kepahitan serupa.

Kedua kelompok tersebut diberikan tambahan gula di dalam kopi mereka. Hasilnya, para responden merasa minuman berkafein kurang manis dan peneliti percaya bahwa itu adalah awal terjadinya craving (mengidam makanan tertentu, biasanya yang manis).

Setelah mengonsumsi minuman tersebut, semuanya merasa lebih waspada, yang menurut peneliti bahwa adalah efek dari kopi. Secangkir kopi memang jitu untuk membuat Anda lebih terjaga dan waspada.

Apa yang kita belum tahu adalah kafein juga mengurasi persepsi rasa manis. Artinya, Anda akan menginginkan sesuatu dengan tingkat  kemanisan lebih tinggi.

Peneliti senior Profesor Robin Dando dari Cornell University mengatakan, “Ketika Anda minum kopi berkafein, itu akan mengubah bagiamana persepsi Anda terhadap rasa—dan efek itu akan bertahan lama. Jadi, jika Anda langsung makan setelah minum kopi berkafein atau minuman berkafein, Anda akan cenderung merasakan makanan dengan rasa berbeda.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber nypost.com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.