Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Perut Kembung akibat Makan Berlebihan

Kompas.com - 10/04/2024, 15:35 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Menikmati momen liburan Lebaran bersama keluarga dan teman tidak lengkap tanpa makanan lezat, minuman manis, serta camilan lainnya. 

Dengan kombinasi tersebut, wajar saja jika perayaan ini membuat kondisi tubuh termasuk sistem pencernaan menurun, sehingga kita mengalami kembung. 

Umumnya, saat Lebaran kita menjadi terlalu banyak minum. Makanan yang tinggi lemak dan gula juga dikonsumsi berlebihan, yang memicu perut kembung. 

"Penyebab kembung yang paling umum adalah faktor-faktor seperti makan berlebihan, makan makanan berlemak, makanan manis, makanan yang menghasilkan gas, dan minuman berkarbonasi," ungkap Dr Ross Perry, dokter umum di Cosmedics. 

"Pola makan yang berubah, dari yang biasanya puasa seharian menjadi makan banyak di tengah hari, bisa jadi akan mengejutkan sistem pencernaan." 

Baca juga: 9 Makanan Pemicu Sakit Perut dan Kembung

Signe Svanfeldt, ahli gizi di Lifesum, menyebutkan, kembung dan sembelit sering kali membuat perut menjadi tampak lebih besar dari biasanya, serta memicu ketidaknyamanan atau rasa sakit. 

Mengatasi kembung akibat makan berlebihan

Para ahli pun menjelaskan cara tepat untuk mengatasi kembung dan sembelit saat perayaan Lebaran. 

1. Minum air 

Setiap individu dianjurkan minum antara 6-8 gelas air untuk memertahankan pola makan yang sehat. Ditambahkan Signe, minum air juga dapat membantu perasaan tidak nyaman akibat makan terlalu banyak. 

"Minum air akan membantu perut mencerna makanan lebih mudah, dan menenangkannya," sebutnya. "Pilih air mineral daripada soda, karena air soda dapat mengganggu perut lebih jauh dan menyebabkan kembung." 

2. Aktif bergerak 

Mungkin duduk dan bersantai sepanjang hari adalah sesuatu yang kita inginkan, namun Signe menyarankan bangun dan jalan cepat bisa bermanfaat. Hal itu membuat tubuh tidak merasa terlalu sembelit dan kembung. 

"Melakukan beberapa gerakan akan membantu pencernaan dan menenangkan perut kita," imbuh dia. "Aktivitas fisik teratur secara keseluruhan bermanfaat untuk membantu pencernaan." 

3. Memijat perut 

Jika kita merasa tidak nyaman dan kekenyangan, Signe merekomendasikan untuk memijat perut dengan lembut dari kiri ke kanan demi membantu melancarkan pencernaan. 

4. Makan sayur dan buah-buahan 

Perry mengatakan, cara lain untuk mengatasi kembung dan sembelit adalah mencoba menyeimbangkan pola makan dengan lebih banyak buah dan sayuran.

Serat yang terkandung dalam buah dan sayuran akan membantu pencernaan dan mengeluarkan sisa-sisa makanan dengan lebih mudah.

Baca juga: 5 Minuman Terbaik untuk Redakan Perut Kembung Secara Cepat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com