Kompas.com - 14/10/2017, 15:35 WIB
Apel Malang KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAApel Malang
|
EditorLusia Kus Anna

MALANG, KOMPAS.com - Manfaat mengonsumsi buah sangat beragam untuk kesehatan. Bukan hanya sumber vitamin dan serat, rutin mengonsumsi apel ternyata juga bisa mencegah penuaan dini.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman, apel merupakan buah yang memiliki antioksidan penolik dan flavonoid.

"Kalau apel dipotong jadi warna cokelat, nah itu ada senyawa yang bersifat anti-oksidan," kata Ahmad saat Jelajah Gizi 2017 yang diselenggarakan Nutricia Sarihusada di kebun apel, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2017).

Proses penuaan terjadi karena oksidasi. Nah dengan keberadaan dua senyawa tersebut kata Ahmad, akan menangkap radikal bebas akan dinetralkan kembali. "Dengan makan apel juga bisa menjaga kebersihan kulit dan kebugaran," kata Ahmad.

Lantas, berapa banyak makan apel agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini? Ahmad mengatakan sebenarnya tak ada batasan untuk mengonsumsi buah, karena kandungan melimpah dan menyehatkan. Namun, Ahmad mengatakan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan agar mengonsumsi buah lima sampai tujuh kali sehari.

"Dikonsumsinya juga lebih baik dijus, karena serat yang didapat lebih banyak daripada langsung dimakan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.