Kompas.com - 05/12/2017, 15:18 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitania Hendayani atau akrab disapa Miya Alexa dinobatkan perempuan berwajah paling proporsional di Indonesia. Perempuan berusia 32 tahun itu keluar sebagai juara setelah bersaing dengan 38 partisipan lain dalam ajang The Maat Golden Ratio Search yang digelar Merz, penyedia teknologi perawatan kecantikan non-bedah ultrasound bernama Ulthera.

Marketing Manager Merz Indonesia Hansen Gandhi mengatakan ajang ini menggunakan ilmu pengukuran dan memberikam pemahaman bahwa bentuk wajah proporsional merupakan bagian dari kecantikan. Perempuan yang memahami proporsi dan bentuk wajahnya akan mampu menyesuaikan penampilan sehingga cocok dengan diri sendiri dan mampu tampil percaya diri.

Nah, Miya dianggap memiliki wajah paling proporsional setelah dinilai lewat beberapa aspek seperti—golden ratio (proporsi dan panjang lebar wajah), proporsi horizontal wajah dan proporsi simetri wajah.

Secara rinci, untuk Golden Ratio, garis wajah dari bagian pangkal rambut hingga ke bagian bawah dagu, serta garis wajah dari bagian pipi paling kiri ke yang paling kanan perbandingannya harus 1.618:1.

Untuk proporsi wajah horizontal, maka pada tiga bagian; atas, dari dahi ke alis; tengah, dari alis ke pangkal hidung; dan bawah, dari pangkal hidung ke dagu—harus sepertiga. Sedangkan untuk simetri wajah, maka wajah bagian kanan harus sama simetris dengan bagian kiri.

Hasilnya, wajah yang dinilai paling proporsional memiliki bentuk oval.

“Miya kami anggap memiliki wajah paling proporsional,” kata Hansen di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Sementara itu, Dr Kevin Maharis, salah satu juri dalam ajang ini mengatakan bentuk wajah oval memang paling pas bagi wajah perempuan Asia. Hal ini lantaran perempuan Asia menginginkan wajah tirus, tapi tetap berisi.

“Perempuan Asia lebih suka oval, karena oval merupakan bentuk ideal bagi mereka. Dibanding seperti Angelina Jolie yang memiliki wajah kopong dan dianggap cantik menurut perempuan Barat,” kata Kevin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.