Naik Pesawat di 'Window Seat" tapi Ternyata Tak Berjendela, Kok Bisa?

Kompas.com - 18/12/2017, 12:55 WIB
Ilustrasi tidur di pesawat kasto80Ilustrasi tidur di pesawat
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Ingatkah kamu, berapa kali naik pesawat, dan duduk tepat di kursi yang tak ada jendelanya? Padahal, kamu memilih seat itu karena ingin berada di sisi jendela

Apalagi bila kamu adalah salah seorang penggemar pemandangan dari atas pesawat. Tentu, mendapati tempat duduk tanpa jendela menjadi hal yang mengecewakan.  

Nah, terkadang memang ada barisan kursi yang letaknya tak sesuai dengan posisi jendela, karena maskapai merekayasa deret kursi tambahan di dalam kabin. 

Kondisi itu menjadi fenomena yang ramai diperbincangkan di media sosial, dan diunggah dengan tagar #wheresmywindow.

Baca juga : Mengapa Ada Lubang Kecil di Jendela Pesawat?

Dalam sebuah penjelasan terbaru di blognya, Virgin Australia mengungkapkan, “window seats” tak berjendela di dalam kabin terjadi karena sistem air conditioning.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan dari atas udara saat penerbangan, maskapai tersebut menyarankan penumpang untuk tidak memilih kursi 9A pada pesawat Boeing 737-800.

Lalu, jangan juga pilih kursi 39A di Airbus 330-200, dan kursi 21A dan 21K di Boeing 777-300ER.

Sebab, di lokasi itu, kamu akan menemukan tempat duduk di posisi "window" tapi tak memiliki jendela. Sementara di sebelah kiri, depan, dan belakang—semuanya berjendela.

Mengapa hal itu terjadi?

Pada Boeing 737 -yang merupakan pesawat mayoritas di Virgin Australia, saluran distribusi air conditioning mengalir melalui badan pesawat—bagian utama pesawat—ke ventilasi di atas.

Baca juga : Inilah Alasan Kenapa Penutup Jendela Pesawat Harus Terbuka

"Saluran-saluran ini mengalir ke sisi badan pesawat ke ventilasi di atas, biasanya berada di jendela kursi 9A, kemudian mengirimkan air contioning ke kabin melalui ventilasi di atas," tulis Virgin Australia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X